Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Kreasi Jus Buah

Koran SI - Koran SI
Selasa, 6 Oktober 2009 14:36 wib
detail berita
Foto: Istimewa
ADA banyak jenis buah tumbuh di alam Indonesia. Makanan ataupun minuman yang menggunakan bahan baku buah pun beraneka ragam. Dengan sedikit kreativitas, jadilah sajian nikmat.

Buah tak hanya nikmat disantap apa adanya, tetapi juga sedap ketika sudah dikemas menjadi hidangan yang agak berbeda. Anda bisa saja memadukan buah-buahan dengan sedikit air gula, susu, dan es, maka jadilah es buah. Atau Anda ingin membuat puding buah? Bisa.

Hampir tiap rumah memiliki blender, bukan? Nah, buah-buahan segar akan semakin terasa segar jika diolah menjadi jus. Berbagai jenis minuman yang terbuat dari buah dapat dijadikan penawar dahaga pada siang hari yang terik. Semisal es buah yang dikenal dengan nama es shanghai.

Es ini berisi buah semangka, melon, apel,anggur, dan alpukat yang dicampur menjadi satu. Aneka buah yang telah dipotong kecil-kecil lantas diberi siraman air kelapa, susu, dan air gula. Agar segar, bisa ditambahkan dengan es batu. Jika ingin membuat aneka jus, Anda bisa mencoba mengombinasikan buah pisang dengan stroberi.

Tambahan susu serta sedikit gula membuat jus kombinasi ini semakin menyegarkan. Bagi yang ingin membuat minuman sehat, Anda dapat membuat jus dari sayur wortel yang dicampur dengan buah apel hijau. Atau bisa pula menggunakan wortel, apel merah, jeruk, ataupun sitrus.

"Ada banyak jenis buah di negara kita.Mereka bisa dibuat menjadi aneka jenis minuman berupa jus. Jika pintar bereksplorasi, rasanya akan semakin menarik dan tentu saja menggugah selera," kata F & B Jakarta Cafe, Herman, beberapa waktu lalu.

Menurut Herman, jika ingin berkreasi lagi dengan aneka buah, Anda bisa mencoba buah-buahan lain, termasuk kiwi. Kiwi dapat dikombinasikan dengan melon dan anggur yang sudah dibuang bijinya. Dengan tambahan sedikit gula dan es saja, minuman ini sudah diminati masyarakat tanpa batasan usia.

"Kiwi akan membuat minuman itu segar karena rasanya yang asamasam manis," ujar Herman.

Buah lain yang sangat lazim dijadikan jus adalah alpukat. Buah alpukat mengandung asam lemak yang sehat, vitamin, dan mineral. Berbagai manfaat buah terbukti sangat dibutuhkan tubuh manusia. Seperti anggur, yang diyakini mampu meningkatkan energi. Sementara buah apel diketahui mengandung pektin yang berfungsi melawan lemak dan menurunkan kolesterol. Seratnya dapat membantu proses pencernaan.

Bagi penggemar pisang, selain biasa dikonsumsi utuh sebagai pencuci mulut, buah ini juga dapat dijadikan jus yang nikmat, apalagi jika dikombinasikan dengan stroberi. Tambahan susu dan sedikit gula akan membuat rasanya lebih nikmat. Bukan itu saja, lanjut Herman, semangka juga bisa dijadikan jus yang sangat segar. Kandungan airnya yang tinggi (mencapai 92 persen) menjadikan buah ini amat digemari, entah sebagai hidangan pencuci mulut ataupun ketika sudah dijadikan jus.

"Semakin sering kita bereksplorasi dengan buah,akan semakin banyak minuman baru yang bisa diciptakan," imbuh Herman.

Untuk mendapatkan jus buah dengan tampilan menarik dan rasa yang menyegarkan,menurut Herman, proses pemilihan bahan bakunya sangatlah penting.

"Semakin berkualitas buah yang bakal dijadikan bahan pembuatan jus, maka akan semakin enak jus itu," tandas chef berdarah Sunda tersebut.

Agar rasa jus buah menjadi manis, memang gula harus banyak dipakai. Namun, kata Herman, tidak ada salahnya Anda menggunakan madu sebagai pemanis pengganti gula.

"Selain lebih sehat, madu juga memiliki rasa yang unik. Ketika madu dikombinasikan dengan aneka buah, jus yang kita buat menjadi lebih sehat sekaligus nikmat," pungkasnya.
(nsa)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Afaf 'Junior MCI' Anti Pakai Rok
Menjadi seorang masterchef adalah cita-cita Afaf Shifa Hasan sejak kecil. Meski mengaku tomboi, pemenang Junior MasterChef Indonesia (MCI) ini senang bergelut dengan peralatan dapur.

Celebrity

Maia Senang Lebaran Bareng Al, El & Dul
Maia Estianty merayakan Idul Fitri dengan suka cita. Pasalnya, Lebaran kali ini, dia akan ditemani ketiga putra kesayanganya, Ahmad Al Ghazali, El Jalaludin Rumi, dan Abdul Qadir Jaelani.

Travel

Tiga Barang Peserta The Extreme Journey 2014 Disita!
Memasuki babak seri Asia, peserta The Extreme Journey 2014 kian dipersulit. Bahkan, barang milik peserta seperti dompet, uang serta atm disita. Wow!