Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Panduan Memilih & Mengolah Bahan Makanan

Adhini Amaliafitri - Okezone
Kamis, 7 Januari 2010 14:04 wib
detail berita
Selain memilih, cara mengolah penting pula menjaga kualitas makanan/Ist.
SELAIN memilih bahan makanan, cara mengolah juga menentukan mutu gizi makanan. Bahan makanan bergizi baik, kandungan gizinya bisa berkurang, hilang, atau malah membahayakan kesehatan bila diolah tidak higienis.

Sebagai orangtua, kita harus menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Kesehatan mereka adalah aset berharga untuk menjalani rutinitas harian dengan penuh vitalitas. Karenanya, penting bagi kita untuk memahami bagaimana cara memilih dan mengolah bahan makanan secara tepat dan benar.

Selain itu, dengan memilih bahan makanan berkualitas baik, Anda juga mengurangi kemungkinan membengkaknya pengeluaran keluarga untuk biaya pengobatan. Sebab, Anda telah menjaga kesehatan seluruh anggota dengan baik. Sampai kapan pun, mencegah tentu lebih baik dari mengobati, kan?

Berikut beberapa panduan bagi Anda dalam memilih dan mengolah bahan makanan, di antaranya:

1. Pergunakan peralatan masak yang bersih.

2. Masaklah daging sampai matang.

3. Pilihlah ikan ataupun daging rendah lemak. Bisa juga mengurangi lemak dengan membuang kulitnya.

4. Belilah daging yang sudah mendapat pengesahan kesehatan resmi dari pemerintah.

5. Konsumsi daging atau ikan segar. Kalaupun harus disimpan di lemari es, bungkus rapat dan jangan dicampur dengan bahan makanan lain. Penyimpanan daging di freezer bisa bertahan sampai satu bulan, tetapi bila disimpan dalam lemari es bersuhu menengah, tidak boleh lebih dari sehari.

6. Masaklah sayuran dengan panci tertutup dan jangan sampai layu.

7. Sesudah menggunakan peralatan masak, segera cuci bersih. Bersihkan tempat memotong, mengolah, dan memasak daging atau ikan dengan sabun antiseptik untuk membunuh kuman atau bakteri dengan tuntas. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Tip

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lebaran, Fatin Shidqia & Keluarga Kompak Bergaun Panjang
Menurut Fatin  Shidqia, gaun atau longdress mampu membuatnya terlihat lebih tinggi dan jenjang. Oleh sebab itu, dia berencana mengenakan gaun pada saat Lebaran.

Celebrity

Tanpa Gaston, Salam Tempel Jupe Kini Berbeda
Julia Perez (Jupe) mengaku masih menjalani tradisi salam tempel atau memberi angpau kepada kerabat, dan keluarga yang lebih muda. Seraya bercanda, Jupe mengaku, ada sedikit perbedaan dari salam tempel yang diberikannya.

Travel

Jakarta ke Bali Bisa Naik Kereta Api!
Melakukan pelesiran ke Jakarta menuju Bali bukan hanya menggunakan jalur udara atau bus. Namun bisa menggunakan kereta api. Keren!