Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Jenis-Jenis Pewarna Alami

Koran SI - Koran SI
Kamis, 14 Januari 2010 15:06 wib
detail berita
Wortel bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta membantu pertahanan tubuh dari resiko kanker. (Foto: Ist)
ANDA mungkin mengetahui wortel penting untuk kesehatan mata. Padahal, wortel juga mempunyai manfaat lain yang tak kalah penting. Apa saja?
 
Untuk mengetahui manfaat wortel dan buah atau tanaman lainnya macam buah pit, kunyit, sawi, daun selada, daun suji, dan daun pandan, berikut ini ulasan lengkap untuk Anda.
 
Buah bit
 
Buah berwarna merah tua ini mengandung vitamin A (karotenoid), vitamin B1, B2, vitamin C, dan asam folat. Manfaatnya antara lain membantu mengobati penyakit hati dan empedu, penghancur sel kanker dan tumor, mencegah anemia, menurunkan kolesterol, dan membantu produksi sel darah merah.
 
Wortel
 
Wortel bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta membantu pertahanan tubuh dari resiko kanker, terutama kanker peru-paru, kanker larynx (tenggorokan), esophagus (kerongkongan), prostat, kandung kemih, dan leher rahim.
 
Kunyit
 
Kunyit mengandung curcumin, suatu zat berwarna kuning. Jenis tanaman obat ini berguna sebagai obat antigatal dan antikejang, mengurangi pembengkakan, dan menyembuhkan hidung tersumbat.
 
Sawi
 
Sayuran ini kaya akan protein, lemak, karbohidrat, Ca, P, Fe, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C. Manfaatnya untuk menghilangkan rasa gatal dan tenggorokan pada penderita batuk, penyembuh penyakit kepala, bahan pembersih darah, memperbaiki fungsi ginjal, serta memperbaiki dan memperlancar pencernaan.
 
Daun selada
 
Daun selada air juga bermanfaat bagi kesehatan. Selain kaya serat, sayuran berwarna hijau muda ini juga mengurangi risiko terjadinya kanker, katarak, menurunkan risiko gangguan jantung dan terjadinya stroke, mengurangi gangguan anemia, meringankan insomnia (sulit tidur), serta membantu kerja pencernaan dan kesehatan organ hati.
 
Daun suji dan daun pandan
 
Daun suji lebih sering dipakai sebagai pewarna pada kue jajan pasar dan minuman. Daun pandan juga bisa memberikan warna pada masakan dengan cara menumbuk dan memeras airnya, namun efek warnanya tidak sekuat daun suji.
(tty)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Tip

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Tora Sudiro Tidak Cuci Celana Jins Tiga Bulan
Untuk mendapatkan celana jins yang baik, kita harus tidak mencucinya dalam jangka waktu tertentu. Hal ini pun turut dilakukan Tora Sudiro yang tidak menyuci celana jinsnya selama tiga bulan

Celebrity

Yulia Rachman Tak Pernah Bahagia Selama Jadi Artis
Banyak yang mengatakan dunia selebriti sangat menjanjikan. Namun, lain halnya yang dirasakan Yulia Rachman. Perempuan kelahiran Bogor 5 Juli 1977 ini mengaku tidak mendapatkan kebahagiaan selama berkecimpung di dunia hiburan.

Travel

Kontribusi Terbesar Pariwisata Indonesia
Laju pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) pariwisata hingga 2014 lebih tinggi daripada laju pertumbuhan ekonomi nasional.