Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Sukses Membuat Bakpao

Adhini Amaliafitri - Okezone
Jum'at, 12 Februari 2010 15:45 wib
detail berita
Untuk membuat bakpao dengan warna putih yang terang, dipakai obat pemutih (bleach) atau ganti tepung terigu dengan tepung Hong Kong yang dipesan khusus untuk bakpao. (Foto: bogasariflour)
BAKPAO, penganan khas negeri Panda ini bukan saja digemari anak-anak, tapi juga orang dewasa. Meski terlihat kecil, bakpao cukup untuk mengisi kekosongan perut. Sebelum bicara berbagai varian bakpao, pastikan Anda tahu bagaimana cara sukses mengolah bakpao.

Bakpao sendiri bisa diolah dalam beragam jenis, seperti bakpao isi daging, bakpao isi ayam, bakpao isi kacang hijau, dan sebagainya. Tiga varian tersebut memang banyak ditemui di antara penjual bakpao. Nah, bila Anda ingin membuat bakpao untuk camilan akhir pekan, berikut ini tip membuat bakpao lezat, seperti okefood kutip dari Santap, Jumat (12/2/2010).

Tepung

Tepung yang dipakai bisa bervariasi. Yang paling umum adalah tepung terigu protein sedang. Ada kalanya bakpao dibuat dengan tepung terigu protein rendah agar lebih ringan dan empuk. Bahkan kadang dicampurkan tang mien (tepung kanji) agar ada rasa legit saat adonan digigit.

Bakpao yang dibuat dengan tepung terigu “biasa”, warna putihnya akan kurang cerah. Untuk membuat bakpao dengan warna putih yang terang, dipakai obat pemutih (bleach) atau ganti tepung terigu dengan tepung Hong Kong yang dipesan khusus untuk bakpao.

Tepung Hong Kong

Untuk membuat bakpao dengan warna yang putih sekali, para chef dimsum memakai tepung Hong Kong atau waterlily flour. Di pasaran, Anda juga bisa menemukan adonan bakpao siap pakai keluaran Malaysia. Ikuti cara membuatnya sesuai petunjuk yang diberikan.

Pengembang

Ragi instan merupakan bahan pengembang utama untuk adonan bakpao. Untuk membantu pengembangan, tambahkan baking powder. Ingin lebih gampang? Pakailah pengembang khusus untuk bakpao dalam bentuk dos siap pakai yang banyak dijual di supermarket. Pengembang seperti ini sudah diberi ragi instan, bread improver, dan kadang-kadang pemutih.

Mengukus

Mengukus bakpao sebaliknya dilakukan sekaligus. Jika menunggu terlalu lama, bakpao akan mengempis. Oleh karena itu, siapkan dandang bersusun yang bisa memuat banyak bakpao sekali kukus. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Tip

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Afaf 'Junior MCI' Anti Pakai Rok
Menjadi seorang masterchef adalah cita-cita Afaf Shifa Hasan sejak kecil. Meski mengaku tomboi, pemenang Junior MasterChef Indonesia (MCI) ini senang bergelut dengan peralatan dapur.

Celebrity

Maia Senang Lebaran Bareng Al, El & Dul
Maia Estianty merayakan Idul Fitri dengan suka cita. Pasalnya, Lebaran kali ini, dia akan ditemani ketiga putra kesayanganya, Ahmad Al Ghazali, El Jalaludin Rumi, dan Abdul Qadir Jaelani.

Travel

Tiga Barang Peserta The Extreme Journey 2014 Disita!
Memasuki babak seri Asia, peserta The Extreme Journey 2014 kian dipersulit. Bahkan, barang milik peserta seperti dompet, uang serta atm disita. Wow!