Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Kenali Jenis-Jenis Sushi

Koran SI - Koran SI
Senin, 3 Mei 2010 16:19 wib
detail berita
Nigirizushi (Foto: Google)
SUSHI dikenal sebagai makanan Jepang dan sudah menjadi kuliner favorit di seantero dunia. Manfaat yang terkandung dalam makanan satu ini sudah tidak diragukan lagi, salah satunya membuat tubuh sehat.


Sushi pada umumnya digolongkan berdasarkan bentuk nasi, berikut jenis sushi:


Nigirizushi
 
Lauk yang diletakkan di atas sushi jenis ini bisa mentah atau matang. seperti tamagoyaki atau belut unagi dan belut anago yang sudah dipanggang.

Makizushi
 
Sushi ini berupa gulungan nasi berisi potongan mentimun, lauk atau neta yang dibungkus lembaran nori. Nasi digulung dengan bantuan sudare (anyaman bambu bentuk persegi panjang).

Chirashizushi
 
Nasi sushi ini dimakan bersama neta berupa makanan laut dan sayur-sayuran yang dipotong kecil-kecil. Nasi sushi tidak dibentuk melainkan diisikan ke dalam wadah dari kayu, piring atau mangkuk. Chirashizushi merupakan salah satu masakan rumah yang populer di Jepang untuk memperingati hari-hari istimewa seperti ulang tahun anak-anak dan perayaan Hina Matsuri.

Oshizushi
 
Nasi disusun bersama neta yang dipres untuk sementara waktu dengan maksud memadatkan nasi agar sushi yang dihasilkan berbentuk persegi panjang yang lalu dipotong-potong agar mudah dinikmati. Oshizushi ada juga yang dibungkus daun bambu, lalu dipres selama beberapa jam sampai satu malam.
(tty)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Suami Wajib Lakukan Ini Hadapi Istri Menopause
Banyak pihak keluarga yang kesulitan bagaimana caranya menghadapi wanita yang sudah menopause. Terkadang bukan mendapat dukungan, namun yang diterima sebuah masalah.

 

Celebrity

Nikita Mirzani Gugat Cerai Suami Lagi
Aktris kontroversi Nikita Mirzani kembali muncul dengan kabar tak baik. Nikita kembali menggugat cerai sang suami, Sajad Ukra di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan.

Travel

Danau Terindah di Asia Tengah, Berubah Warna saat Musim Panas
Danau Karakul atau Black Lake terletak dataran di tinggi dan kering pada Pegunungan Pamir di Tajikistan. Berada di dalam kawasan Taman Nasional Tajik, tempat ini menjadi salah satu lokasi terindah dan terpencil di Asia Tengah.