Getting Time...
OKEFOOD | Jajan Cafe-Resto

Menu Fushion ala Secret Recipe

Koran SI - Koran SI
Sabtu, 8 Mei 2010 15:58 wib
detail berita
Secret Recipe (Foto: Yulius Satria Wijaya/Koran SI)
ANDA gemar berkunjung ke restoran berkonsep fushion? Secret Recipe mungkin bisa menjadi lokasi yang Anda tuju. Tempat makan berkonsep semikafe ini menyajikan aneka menu khas Asia dan Eropa.

Secret Recipe pada awalnya merupakan salah satu toko di Malaysia yang terkenal berkat keanekaragaman menunya, mulai cheese cakes hingga makanan utama untuk acara santap pagi, siang, maupun malam.

Lalu, pada 2003 kafe ini mulai merambah Jakarta. Bisnis Secret Recipe di Ibu Kota terus berkembang, terbukti dengan keberadaan 10 outlet-nya yang tersebar antara lain di Plaza Indonesia, Kelapa Gading Mall III, Cilandak Town Square, Pejaten Village, Senayan City, dan Mal Emporium Pluit.

Keberhasilan kafe ini juga dibuktikan oleh banyaknya penghargaan yang pernah diterima oleh sang pengelola, seperti Best Indonesian Restaurant Award Indonesia 2006, Food Excellence Award Singapore 2004, dan Best Chocolate Cake Award Malaysia 2000.

Tempat makan bersegmentasi kalangan menengah ke atas ini menyediakan menu-menu dari Asia dan Eropa, yang terbagi dalam beberapa kategori. Mulai Asian fusion, Italian pasta, chicken meals, fish and lamb, soup and side orders, serta kid’s meals.

Makanan yang patut dicoba adalah tom yum kung noodle. Bagi penyuka masakan khas Thailand, tom yam kung noodle dengan isi seafood ini dijamin mampu menggugah selera. Rasanya yang asam-asam pedas dengan porsi cukup besar sangat mampu membuat perut kenyang.

Tom yum ala Secret Recipe dibuat dalam ”bentuk” asli, tanpa ada penambahan ataupun kreasi terbaru.

”Kami memang menyajikan masakan ini sama seperti yang ada di Thailand, supaya orang tahu dan mengerti sebenarnya tom yum kung yang asli itu seperti yang kami sajikan di kafe ini. Dalam arti, tidak ada penambahan bahan-bahan lain seperti yang sering disajikan di restoran lain. Seperti diketahui, tom yum itu pelengkapnya cuma jamur dan udang,” kata salah seorang pemilik franchise Secret Recipe, Rico Rusly.

Rasa yang dimunculkan pun sebetulnya ingin disamakan dengan cita rasa tom yum di Thailand. Hanya, karena yang memasak orangnya berbeda, hasilnya tentu akan berbeda tipis.

Di Secret Recipe, menu tom yum disajikan dalam dua jenis, yakni tom yum kung noodle yang bahan utamanya udang serta tom yum chicken noodle yang menggunakan bahan dasar ayam.

Sajian yang tidak kalah menarik di sini adalah chicken cordon bleu. Mungkin nama menu yang satu ini sudah sering Anda dengar. Tapi, apakah Anda sudah mencoba chicken cordon bleu ala Secret Recipe?

Menurut Rico, bahan utama menu ini bukanlah daging dada ayam seperti yang digunakan di tempat makan pada umumnya, melainkan daging paha ayam. Sementara bahan pelengkapnya hampir sama, misalkan keju, potongan ayam, telur, dan tepung roti.

Menu berbahan dasar ayam lain yang patut Anda coba adalah blackpepper chicken, barbeque chicken, mushroom chicken, mongolian chicken, chicken steak burger, dan chicken kebab.

Secret Recipe juga menawarkan menu lain dengan bahan dasar ikan dan daging domba. Yang paling menggugah selera adalah irish lamb stew. Menu ini pernah memeroleh penghargaan Best Lamb Stew Awarddi Malaysia pada 2001.

Atau Anda menggemari Italian pasta? Kalau jawabannya ya, jangan lewatkan menu-menu pasta pilihan ala Secret Recipe seperti lasagna, macaroni cheese in prawn sauce, spaghetti bolognese, dan spaghetti meatball.

Kelebihan Secret Recipe tidak hanya terletak pada penyajian menu-menu utama, tapi juga berkat sajian cake-nya yang beragam. Soal cita rasa, jangan khawatir karena kafe ini begitu memerhatikan kualitas rasa pada produk-produknya. Cake buatan Secret Recipe tidak tampil dengan kesan yang wah,melainkan dalam bentuk yang ”standar”.

Cake yang kami tawarkan memang disajikan dalam tampilan yang standar. Karena jika diberi terlalu banyak hiasan, seperti tambahan krim atau jenis hiasan lain, menu tersebut bakal kehilangan cita rasa cake-nya,” beber Rico.

”Di tiap outlet Secret Recipe, untuk jenis cake, paling minimum kami menyediakan 21 jenis varian. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup seimbang antara bahan lokal dan impor,” tambahnya.

Anda penyuka keju, rasanya tidak akan salah jika mencoba cake berlabel baked cheese cake. Bahan dasar kudapan ini adalah keju dan gandum. Hampir 90% isi cake ini adalah keju, sementara sekian persen sisanya menggunakan bahan baku gandum.

Kudapan yang tak kalah menarik adalah chocolate banana. Bukan hanya rasanya yang begitu menggoda selera, cake berbahan dasar pisang emas ini juga memiliki tampilan yang cantik. Menu ini juga pernah meraih penghargaan Most Innovative Chocolate Banana pada 1999 di Malaysia.

Buat Anda kaum vegetarian, jangan khawatir karena Secret Recipe sudah meluncurkan inovasi cake terbaru, yaitu green tea cheese cake.

Hampir tiap dua bulan sekali Secret Recipe mengeluarkan jenis makanan baru. Menu yang kurang diminati konsumen biasanya akan ditarik dari ”peredaran” dan diganti menu lain yang lebih disukai.

Yang menjadi favorit pengunjung tentu saja akan terus dipertahankan. Walaupun Secret Recipe sudah memiliki nama di kancah waralaba kuliner, namun soal harga, kafe ini masih mematok kisaran angka yang cukup terjangkau.

”Tidak hanya makanan utama, harga cake kami juga murah. Dengan porsi cukup besar, Anda bisa membayar murah dan soal rasa pun terjamin,” imbuh Rico. (nsa)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Cafe & Resto

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Tunjuk Anne Avantie, Langkah Nagita Slavina Sudah Tepat

Nama Anne Avantie disebut-sebut desainer yang bakal membuatkan kebaya pengantin untuk Nagita Slavina. Namun, kabar tersebut pernah dibantah langsung oleh Anne Avantie. Desainer asal Semarang ini menegaskan hanya merancang busana keluarga Raffi dan Nagita.

Celebrity

Zaskia Mecca Kaget Lihat Marshanda Berubah
Permasalahan yang tengah dihadapi Marshanda (Chacha) turut membuat artis yang juga sahabat Chacha, Zaskia Adya Mecca, ikut bersedih. Zaskia tidak menyangka, berbagai masalah terus beruntun mendatangi bintang sinetron Bidadari itu.

Travel

Festival Debus, Bentuk Eksistensi Banten di Sektor Pariwisata
Banten kaya akan potensi alam, serta sejarah peradaban Islam yang ada di sana. Namun, selama ini belum digarap dengan baik. Apa pasal?