Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Semua tentang Risotto

SINDO
Senin, 26 September 2011 11:38 wib
detail berita
Risotto (Foto Google)
RISOTTO, masakan pokok Italia yang sarat nutrisi dan disukai oleh kalangan muda maupun tua. Membuat hidangan ini tidak sulit dengan bahan-bahan yang juga mudah didapat.

Pagi itu dapur utama restoran Lobo yang biasa dipergunakan untuk melayani pesanan tamu Hotel The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, disulap menjadi dapur untuk demo masak membuat risotto. Langsung saja area dapur itu dipenuhi oleh belasan orang yang antusias mengikuti kelas memasak yang dipandu Chef de Cuisine Lobo Mariano Liuzza. Mariano turun langsung mendemonstrasikan cara membuat risotto, sekalian berbagai tips dan trik cara menghasilkan risotto yang sempurna.

Kelas yang juga diikuti oleh kalangan ekspatriat ini menampilkan tiga macam menu risotto yang populer, yaitu black ink risotto, mushroom, dan asparagus risotto. Hidangan ini bersifat cukup fleksibel. Bisa dihidangkan untuk makanan pembuka ataupun makanan utama. Selain itu, risotto juga kaya nutrisi, dilihat dari bahanbahan yang digunakan, seperti ayam, ikan, daging, serta penambahan keju dan mentega. Namun, bahan utama pembuatan risotto sebenarnya cukup sederhana, yakni bawang bombai, minyak zaitun, garam, dan bawang putih.
 
“Berikutnya Anda bisa menambahkan apa pun, mulai keju parmesan, ikan, ayam, atau daging, sampai aneka sayuran. Saya sendiri lebih suka menggunakan ayam karena rasanya lebih ‘masuk’ jika dikombinasikan dengan bahanbahan yang lain,” ujar Mariano saat memulai demo masak.

Usahakan untuk menambahkan kaldu ayam ke dalam risotto, alternatif lain bisa juga menggunakan chicken powder. Untuk masakan pertama, Mariano menampilkan black ink risotto. Dalam pembuatan risotto ini memang menggunakan tinta cumi yang bisa didapat di supermarket. Tinta cumi ini tidak ada rasanya, gunanya hanya untuk pewarna makanan. Saat memasak, pastikan api selalu kecil.

“Semakin lama memasak risotto justru semakin bagus. Bumbu yang digunakan akan lebih menyerap sehingga cita rasa risotto lebih enak,” ujar Mariano.
 
Dengan api kecil, siram sedikit minyak zaitun ke dalam wajan, setelah panas baru masukkan bawang bombai dan bawang putih. Penting untuk tidak membuat bawang ini berubah warna atau malah hangus, sebab akan mengubah aroma masakan nantinya. Setelah itu, tambahkan white wine sedikit saja hanya untuk penambah rasa, barulah masukkan kaldu ayam. Berikutnya giliran memasukkan nasi. Ingat, risotto umumnya menggunakan beras Arborio dari Italia. Beras ini memiliki butiran yang cukup besar ketimbang beras lokal. Teksturnya pera seperti nasi yang digunakan untuk membuat nasi goreng. Memasaknya pun cukup setengah matang, kalau matang justru menjadi lembek ketika diolah. Ketika memasak nasi ini, gunakan kaldu ayam agar lebih gurih.

“Jangan sekali-kali mencuci beras ini,langsung masak saja,” imbuh Mariano. Kenapa begitu? Ternyata kunci kelezatan risotto justru terletak pada air tajin beras Arborio ini. Dengan begitu, kelak nasi akan tetap creamy. Setelah memasukkan nasi ke dalam wajan, selanjutnya beri tinta cumi. Langsung saja nasi menjadi hitam. Nah, baru masukkan garam, merica, lada hitam, dan saus tomat. Sebaiknya gunakan saus tomat, bukan pasta. Pasta tomat mengandung terlalu banyak lemak. Black ink risotto juga menggunakan udang. Namun, jangan langsung mencampur udang ke dalam wajan. Sebaliknya, udang di-saute terlebih dulu dan biarkan sebentar tanpa dibolak-balik agar tidak menjadi lengket di wajan. Sebagai finishing touch, tambahkan keju parmesan dan fresh butter yang sekaligus menambah kelezatan risotto.

Nah, pada saat memasukkan kedua bahan tersebut, angkat wajan dari kompor agar keju dan mentega tidak jadi berminyak. Untuk menentukan apakah risotto sudah masak, lihat teksturnya. Kalau sudah kental dan creamy, berarti risotto sudah matang sempurna. Namun, Mariano justru mengatakan cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mencicipi langsung sebelum mematikan kompor.

Dalam membuat hidangan ini, Anda bisa bereksplorasi dengan menambahkan bahan yang disukai. Termasuk menambahkan keju kesukaan, tapi jangan sampai menggunakan lebih dari dua jenis keju karena akan merusak rasa. Untuk bahan seperti udang, daging, ataupun jamur yang bakal dimasukkan ke wajan, sebaiknya saute terlebih dulu sebentar saja agar tidak kenyal ketika digigit.

Untuk jamur, bisa menggunakan porcini atau champignon. Sementara itu, untuk membuat asparagus risotto bisa ditambahkan pesto. Daripada membelinya dengan harga yang cukup mahal, lebih baik membuat sendiri. Bahannya relatif mudah didapat; basil, keju parmesan, minyak zaitun, dan bawang putih. Cara membuatnya sederhana, cukup blend bahan-bahan tersebut tanpa dipotong-potong ke dalam blender. Sekarang Anda semakin percaya diri membuat risotto.
(tty)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

 
 

Lifestyle

Lupita Nyong'o, Selebriti Paling Cantik
Majalah People mendapuk Lupita Nyong'o sebagai bintang atau wanita paling cantik sedunia. Tampaknya 2014 menjadi tahun Lupita, sebelumnya dia juga mendapatkan Piala Oscar.

Celebrity

Ditanya soal Pernikahan, Raffi Ahmad: Terima Kasih
Raffi Ahmad dikabarkan akan melangsungkan pernikahan dengan Nagita Slavina (Gigi), Sabtu 26 April. Namun, Raffi enggan menanggapi kabar tersebut.

Travel

Apakah TMII Layak sebagai Situs UNESCO? Tunggu Desember Nanti!
2014 merupakan tenggat terakhir bagi UNESCO untuk memutuskan, apakah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sukses melewati proses verifikasi dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia Tak Benda. TMII sempat kedatangan perwakilan dari UNESCO, Seong Young Park untuk menyempurnakan data verifikasi tersebut.