Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Rahasia di Balik Kelezatan Ikan

Johan Sompotan - Okezone
Rabu, 5 Oktober 2011 11:01 wib
detail berita
(Foto: gettyimages)
IKAN menjadi salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Selain kaya gizi, ternyata ada beberapa rahasia di balik kelezatan ikan.

"Kalau ditanya kekuatan rasa ikan, itu terletak dari keseluruhan, mulai dari kepala hingga ke ekornya karena bagi saya sesuatu yang enak itu akan terasa di lidah saat Anda mengonsumsinya,” kata Sisca Soewitomo saat ditemui okezone di Dinas Pertanian dan Perikanan di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menurutnya, kekuatan lain ikan terletak pada dagingnya, dengan tekstur lembut juga keras. Ikan berdaging lembut, misalnya patin, kerapu, dan bawal sedangkan ikan bertekstur keras seperti tongkol, tuna, tenggiri, dan salmon.

“Dalam proses pengolahan, ikan berteksur keras akan memakan proses waktu yang lama sedangkan ikan bertekstur lembut waktu memasaknya lebih pendek, kalau diolah lama maka akan hancur,” paparnya.

Ikan merupakan jenis bahan makanan yang mudah sekali dibentuk dan diolah. Oleh karenanya, Sisca mengatakan bila ikan merupakan makanan yang paling banyak dibutuhkan dan dicari banyak orang.

“Semua ikan mudah diolah, tergantung mau dimasak apa. Yang paling penting, perhatikan ciri ikan berkualitas, yakni tidak bau, segar, dan dagingnya masih elastis,” imbuhnya.

Cara pengolahannya pun beragam, mulai direbus, dikukus, dibakar, dipepes, hingga digoreng. Sisca menambahkan, mengolah ikan tidak dibutuhkan banyak bumbu karena dengan sedikit bumbu saja maupun masih mentah, ikan sudah punya rasa lezat yang khas.

“Ikan impor gampang saja, tinggal diolesi mustard, garam, lalu dipanggang. Masakan Jepang biasa pakai bumbu teriyaki atau dibuat sashimi. Indonesia bisa dimasak dengan santan, dan untuk menghilangkan amis, bisa pakai daun salam dan daun jeruk,” tutupnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Tujuh Alasan Utama Karyawan Mengundurkan Diri (1)
Menemukan pekerjaan yang memberikan gaji baik terkadang tidak cukup. Ada lebih banyak definisi tentang konsep "pekerjaan yang memuaskan".

Celebrity

Pakai Rok Pendek, Marshanda Kabur Ditanya Isu Selingkuh
Marshanda (Chacha) tak menghadiri sidang lanjutan perceraiannya di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Pusat, pagi tadi. Namun rupanya, Chacha justru menghadiri acara talk show di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, sore ini.

Travel

Keseruan Memancing di Atas Ranting
Umumnya, memancing biasa dilakukan di atas karang tebing laut sambil duduk santai. Tapi apa jadinya kalau traveler memancing dengan duduk di atas sebilah ranting pohon di tengah laut?