Getting Time...
OKEFOOD | Icip-icip

10 Makanan Pinggir Jalan Lezat Khas Malaysia (I)

Johan Sompotan - Okezone
Senin, 26 Maret 2012 16:23 wib
detail berita
(Foto:ieatishootipost.sg)
MAKANAN merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan bagi warga Benua Asia. Namun, pernahkah Anda menemukan hidangan terbaik yang dijajakan di pinggir jalan?
 
Hampir seluruh masyarakat dunia tahu bila Penang, Malaysia, merupakan salah satu tujuan utama wisata kuliner. Makanan pinggir jalan yang disajikan di Penang menjadi cermin Penang yang merupakan kota multikultural. Di sini, Anda dapat menemukan masakan yang merupakan 'perkawinan' antarnegara (fusion), misalnya antara Cina dengan Melayu.
 
Beberapa jalan di Penang dipenuhi warung pinggir jalan yang menyajikan kuliner lezat. Berikut beberapa di antaranya, seperti disitat CNNgo, Senin (26/3/2012):
 
Penang Assam Laksa
 
Makanan ini sangat erat kaitannya dengan Kota Penang, yang sering disebut Penang Laksa. Makanan ini berisi ikan tenggiri, asam, dan cabai, menghadirkan rasa asam-pedas yang sangat tajam. Dalam penyajiannya, penang assam laksa disajikan dengan mi putih, daun mint segar, bawang merah, daun ketumbar, ketimun, dan nanas manis. Anda bisa mencobanya di daerah Lebuh Cecil, Penang, Malaysia.
 
Hokkien mee
 

Makanan ini berasal dari Provinsi Fujian, China, tapi Hokkien mee di Penang sangat berbeda kenikmatannya karena diolah dari lemak udang dan tulang babi untuk kaldunya dan disajikan dengan kombinasi mi telur, bihun, telur rebus, udang, bakso ikan, bawang goreng renyah, dan sambal pedas. Icip kuliner ini di kawasan Beach Street, terletak antara Jalan Prangin Ghaut dan Jalan Majalah, Penang.
 
Wonten mee
 
Olahan mi telur kenyal disajikan al dente dengan saus kental yang terbuat dari kecap dan minyak lemak babi dengan sesendok sambal, diatasnya diberikan potongan kangkung China, daun bawang iris, cabe hijau, dan acar wontons. Wontons nikmat baik direbus ataupun dikukus, ada juga dalam olahan didigoreng.
 
Nasi Kandar
 

Makanan ini berasal dari komunitas muslim India. Dulu, makanan ini dijajakan oleh penjual pria dengan membawa pikulan berisi nasi dan kari dan kini, makanan ini dapat ditemukan di restorang kecil pinggir jalan. Nasi kandar seperti kari daging yang dibumbui berbagai saus di atas nasi putih. Untuk mencicipinya, Anda bisa menuju Jalan Line Clear, Penang.
 
Rojak
 
Bila didengar, hidangan ini seperti tidak menggugah selera, tapi rasanya nikmat. Rojak adalah salad buah yang di atasnya diberi saus kental manis yang dibuat dari terasi hitam dan kacang cincang. Isinya berupa nanas manis, mangga, pepaya hijau, apel, ketimun, dan jambu biji. Kombinasi buah manis dan saus lezat membuat rasanya sangat mengejutkan. Cobalah santapan ini di Gurney Hawker Center, Penang.
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Icip-Icip

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Tujuh Alasan Utama Karyawan Mengundurkan Diri (1)
Menemukan pekerjaan yang memberikan gaji baik terkadang tidak cukup. Ada lebih banyak definisi tentang konsep "pekerjaan yang memuaskan".

Celebrity

Pakai Rok Pendek, Marshanda Kabur Ditanya Isu Selingkuh
Marshanda (Chacha) tak menghadiri sidang lanjutan perceraiannya di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Pusat, pagi tadi. Namun rupanya, Chacha justru menghadiri acara talk show di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, sore ini.

Travel

Keseruan Memancing di Atas Ranting
Umumnya, memancing biasa dilakukan di atas karang tebing laut sambil duduk santai. Tapi apa jadinya kalau traveler memancing dengan duduk di atas sebilah ranting pohon di tengah laut?