Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Sejarah Tahapan Makan Eropa Hingga Mendunia

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 28 April 2012 15:07 wib
detail berita
(Foto: Getty Images)
ADA tiga tahapan dalam bersantap, mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Menurut sejarahnya, tahapan makan awalnya ada 36, yang berasal dari budaya Eropa dan terkenal mendunia.
 
Executive Chef Pastis Kitchen & Bar, Chef Bernard James Pasalbessy, menjelaskan bila tahapan makanan sudah ada sejak zaman Raja Louis ke-14. Awalnya, ada 36 tahapan karena masyarakat Eropa masa lampau melakukan tradisi ini bila ingin menghabiskan waktu berbincang.
 
"Sebenarnya pada awal mengonsumsi makan itu hanya untuk menemani perbincangan saja, karena mereka selalu mengonsumsi makanan sedikit demi sedikit," jelasnya kepada Okezone, baru-baru ini.
 
Selain menemani perbincangan, mengonsumsi makanan bagi mereka bukan sebatas mencari kenyang. Ada nilai seni di dalam budaya makan masyarakat Eropa. Pada awalnya, mengonsumsi makanan untuk mencari rasa, melakukan pertemuan bisnis, dan pertemuan keluarga sehingga menyantap makanan akan menjadikan pembicaraan lebih mengalir. Chef Bernard menjelaskan, secara perlahan tahapan-tahapan ini mendunia sampai sekarang.
 
"Untuk langkah pertama ada yang namanya appetizer, yaitu makanan pembuka. Biasanya ini ada rasa gurihnya karena tahapan makanan ini berfungsi memancing selera makan seseorang, tetapi dalam porsi kecil," katanya.
 
Kemudian, ada yang namanya main course. Diungkapkannya, tahapan makanan ini menyajikan olahan berbagai rasa karena sudah dimulai dengan makanan pembuka, di mana kondisi perut tidak lagi kaget jika mengonsumsi dalam jumlah besar.
 
Selanjutnya, tahapan dessert, yang didominasi rasa manis karena rasa ini membuat penikmatnya cepat kenyang, tetapi puas setelah mengonsumsinya.
 
"Rasa manis akan menutupi keinginan mengonsumsi makanan yang lain sementara kalau gurih dan pedas akan mendorong keinginan makan lagi," ungkapnya.
 
Setelah itu, tahapan cannapes, yang diolah dari daging ayam, seafood, atau makanan yang ditambahkan es krim serta sari buah. Tahapan ini berfungsi menetralisir lidah dari santapan sebelumnya. Sebelum menyelesaikan makan, tahapan makanan berikutnya adalah petitfour yang berfungsi sebagai penghangat badan atau disajikan sambil ‘menurunkan’ makanan di dalam tubuh. Makanan yang biasanya dihadirkan adalah cokelat yang di dalamnya diberikan alkohol. Terakhir adalah minuman kopi dan teh sebagai tanda berakhirnya perbincangan.
 
“Dengan berkembangnya zaman, tahapan makanan sudah masuk ke dalam tiga bagian, yaitu appetizer, main course, dan dessert, meskipun sup bisa dipisahkan namun karena cita rasa yang ringan dari sup bisa dimasukkan ke dalam tahapan appetizer," tutupnya.
  (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Wanita Ini Percantik Nagita Slavina saat Dilamar Raffi
9 Agustus 2014 merupakan momen bahagia bagi pasangan selebriti Nagita Slavina dan Raffi Ahmad. Raffi telah mengikat Nagita alias Gigi dengan melamarnya di Apartemen Capital, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Celebrity

Sudah Bahagia, Asmirandah & Jonas Minta Jangan Diusik Lagi
Sejak menikah dengan Jonas Rivanno, Asmirandah selalu diterpa gosip tak sedap. Terakhir ia harus mendengar isu jika dirinya mengalami kebangkrutan untuk menolong suaminya yang terlilit krisis finansial. Mengenai kabar ini, kuasa hukum Andah, Afdal Zikri membantahnya.

Travel

Turis Bertato Ini Dilarang Masuk Dubai
Setiap negara memiliki peraturan dalam memilih mana turis asing yang boleh masuk ke wilayahnya. Salah satunya yang dilakukan oleh Dubai.