Getting Time...
OKEFOOD | Konsultasi Okefood

Agar Steak Daging Lokal Bisa Empuk

Johan Sompotan - Okezone
Jum'at, 27 April 2012 18:35 wib
detail berita
(Foto: Getty Images)
SALAM kenal, Bu Sisca, saya Lina (29). Saya suka sekali makan steak, tapi sekarang agak mengurangi karena muncul isu daging sapi impor kena penyakit sapi gila. Supaya lebih aman, sepertinya lebih baik memakai daging sapi lokal.
 
Tapi setahu saya, daging sapi lokal keras. Bagaimana caranya bisa empuk saat dimakan? Terima kasih atas informasinya, Bu.
 
Lina-Cengkareng
 
Jawab:

 
Memang, membuat steak lebih enak memakai daging sapi impor karena teksturnya lebih empuk. Karena ketika diternak, sapi-sapi ini benar-benar dimanjakan dan dijaga tidak stres, berbeda dengan sapi-sapi di Indonesia yang sering digunakan untuk bekerja sehingga teksturnya keras.
 
Namun bila ingin mengolah daging sapi lokal, tidak perlu khawatir dengan melakukan beberapa trik yang terbilang cukup mudah. Karena teksturnya lebih keras, daging sapi lokal harus diolah lama. Caranya, panggang daging sampai setengah matang, tusuk-tusuk dengan garpu agar cepat matang ketika dibakar nanti, kemudian lumuri dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, yaitu bawang putih, garam, lada, serta kecap.
 
Diamkan daging beberapa menit agar bumbu meresap kemudian panggang daging sampai berubah warna. Pada saat pemanggangan, tidak perlu mengoleskan daging dengan minyak. Sesudah matang, pindahkan daging sapi yang telah matang ke dalam wajan berisi sedikit air. Perbandingan airnya, satu kilogram daging menggunakan 500 ml, lalu masukkan susu cair dan masak hingga matang.
 
Untuk menambah kenikmatan bersantap, tambahkan kentang goreng atau brokoli rebus. Selamat mencoba!
 
Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Konsultasi

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Bersolek, Istri Ahok Cuma Butuh 15 Menit
Sebagian besar perempuan menghabiskan waktu berjam-jam di depan cermin dan menyulap wajahnya menjadi cantik. Bagi istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama, cukup membutuhkan waktu 15 menit untuk tampil cantik.

Celebrity

Ben Tak Tahu Orang yang Pengaruhi Marshanda Buka Jilbab
Sejak memutuskan untuk bercerai dengan Ben Kasyafani, Marshanda tampak berubah. Ia terlihat sudah melepas jilbabnya. Namun, suami Marshanda, Ben Kasyafani mengaku tak tahu siapa orang yang memengaruhi istrinya itu.

Travel

Virgin Atlantic di Area Sama saat Jatuhnya MH17
Bukan hanya MH17 saja yang ternyata melintas di wilayah udara Ukraina. Namun, beberapa maskapai lain dikabarkan melintas di daerah yang sama, seperti Virgin Atlantic.