Getting Time...
OKEFOOD | Konsultasi Okefood

Agar Steak Daging Lokal Bisa Empuk

Johan Sompotan - Okezone
Jum'at, 27 April 2012 18:35 wib
detail berita
(Foto: Getty Images)
SALAM kenal, Bu Sisca, saya Lina (29). Saya suka sekali makan steak, tapi sekarang agak mengurangi karena muncul isu daging sapi impor kena penyakit sapi gila. Supaya lebih aman, sepertinya lebih baik memakai daging sapi lokal.
 
Tapi setahu saya, daging sapi lokal keras. Bagaimana caranya bisa empuk saat dimakan? Terima kasih atas informasinya, Bu.
 
Lina-Cengkareng
 
Jawab:

 
Memang, membuat steak lebih enak memakai daging sapi impor karena teksturnya lebih empuk. Karena ketika diternak, sapi-sapi ini benar-benar dimanjakan dan dijaga tidak stres, berbeda dengan sapi-sapi di Indonesia yang sering digunakan untuk bekerja sehingga teksturnya keras.
 
Namun bila ingin mengolah daging sapi lokal, tidak perlu khawatir dengan melakukan beberapa trik yang terbilang cukup mudah. Karena teksturnya lebih keras, daging sapi lokal harus diolah lama. Caranya, panggang daging sampai setengah matang, tusuk-tusuk dengan garpu agar cepat matang ketika dibakar nanti, kemudian lumuri dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, yaitu bawang putih, garam, lada, serta kecap.
 
Diamkan daging beberapa menit agar bumbu meresap kemudian panggang daging sampai berubah warna. Pada saat pemanggangan, tidak perlu mengoleskan daging dengan minyak. Sesudah matang, pindahkan daging sapi yang telah matang ke dalam wajan berisi sedikit air. Perbandingan airnya, satu kilogram daging menggunakan 500 ml, lalu masukkan susu cair dan masak hingga matang.
 
Untuk menambah kenikmatan bersantap, tambahkan kentang goreng atau brokoli rebus. Selamat mencoba!
 
Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Konsultasi

Facebook Comment List

 
 

Lifestyle

Jadi Miss Indonesia, Maria Rahajeng Lebih Anggun
Menjadi Miss Indonesia 2014, rupanya membawa perubahan pada diri seorang Maria Rahajeng. Terutama bagaimana penampilannya di depan publik.

Celebrity

Artis Ramai-Ramai Kobarkan Semangat Kartini
R.A. Kartini, pahlawan wanita yang hari kelahirannya selalu dirayakan orang Indonesia setiap tanggal 21 April, selalu memiliki makna bagi artis-artis Tanah Air. Mereka pun ramai-ramai mengucapkan semangat Kartini melalui media sosial.

Travel

Tumbalkan Nyawa di Sumur Ini, Kepercayaan Suku Maya Panggil Hujan
Jika pada musim kemarau, sumur ini akan dilempari manusia yang terdiri dari pria atau wanita, atau bahkan anak anak sekalipun. Hal ini dilakukan untuk menenangkan dewa air sehingga akhirnya mereka akan memberikan hujan bagi wilayahnya. Ketika beberapa orang arkeolog mengeruk kawasan ini di abad ke 20, mereka menemukan lonceng emas, masker, cangkir, potongan batu giok bersamaan dengan tulang belulang manusia.