Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Tiga Bumbu Penting Masakan Taiwan

Johan Sompotan - Okezone
Rabu, 2 Mei 2012 16:02 wib
detail berita
Bumbu andalan masakan Taiwan (Foto: tastehongkong)
KULINER Taiwan mulai dikenal penikmat kuliner Indonesia, menjadikan pilihan bersantap semakin kaya. Rupanya, tiga bumbu menjadi andalan kuliner Taiwan.

"Kalau Anda tanya negara yang mempengaruhi kuliner Taiwan, jawabannya adalah China melalui Cantonese dan Szechuan serta Jepang," jelas Fransisca Tjong, pemilik Resto Xi Men Ding di sela acara peresmian Resto Xi Men Ding, Senayan City, Jakarta, Selasa (2/5/2012).

Menurutnya, pengaruh China pada kuliner Taiwan terlihat dari pengolahan bumbunya yang terasa lebih tajam saat dikonsumsi. "Kalau Anda menyantap masakan China, rasa masakan Taiwan hampir sama, hanya saja masakan Taiwan lebih light (ringan-red)," imbuhnya.

Sementara untuk Jepang, dia menyatakan bahwa pengaruhnya tampak pada proses pengolahan yang cepat. Jepang mengandalkan kekuatan rasa alami, begitu pun kuliner Taiwan. Proses yang cepat memungkinkan cita rasa bahan makanan dan bumbu akan terjaga.

Dikatakannya lagi, meski dipengaruhi dua negara, kuliner Taiwan tetap memiliki kekhasan pada pemakaian bumbu. "Basic kuliner Taiwan adalah pemakaian tiga bumbu, yaitu sesame oil, rice wine, dan soya sauce. Tiga bumbu ini hampir selalu ada pada makanan Taiwan," tutupnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Jilbab Simpel Mudahkan Aktivitas saat Lebaran
Desainer yang pernah menggauni kontestan Miss World 2013 asal Sudan Selatan, Ayudyah, memberikan arahan tentang padanan berbusana Lebaran.

Celebrity

Umi Tatu Menangis Dua Tahun Lebaran Tanpa Uje
Dua tahun lebaran tanpa almarhum Usatdz Jeffry Albuchary, tentu saja meninggalkan kenangan pilu bagi keluarga. Ibunda Uje, Umi Tatu pun hanya bisa menangis teringat anaknya.

Travel

Jakarta ke Bali Bisa Naik Kereta Api!
Melakukan pelesiran ke Jakarta menuju Bali bukan hanya menggunakan jalur udara atau bus. Namun bisa menggunakan kereta api. Keren!