Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Tiga Bumbu Penting Masakan Taiwan

Johan Sompotan - Okezone
Rabu, 2 Mei 2012 16:02 wib
detail berita
Bumbu andalan masakan Taiwan (Foto: tastehongkong)
KULINER Taiwan mulai dikenal penikmat kuliner Indonesia, menjadikan pilihan bersantap semakin kaya. Rupanya, tiga bumbu menjadi andalan kuliner Taiwan.

"Kalau Anda tanya negara yang mempengaruhi kuliner Taiwan, jawabannya adalah China melalui Cantonese dan Szechuan serta Jepang," jelas Fransisca Tjong, pemilik Resto Xi Men Ding di sela acara peresmian Resto Xi Men Ding, Senayan City, Jakarta, Selasa (2/5/2012).

Menurutnya, pengaruh China pada kuliner Taiwan terlihat dari pengolahan bumbunya yang terasa lebih tajam saat dikonsumsi. "Kalau Anda menyantap masakan China, rasa masakan Taiwan hampir sama, hanya saja masakan Taiwan lebih light (ringan-red)," imbuhnya.

Sementara untuk Jepang, dia menyatakan bahwa pengaruhnya tampak pada proses pengolahan yang cepat. Jepang mengandalkan kekuatan rasa alami, begitu pun kuliner Taiwan. Proses yang cepat memungkinkan cita rasa bahan makanan dan bumbu akan terjaga.

Dikatakannya lagi, meski dipengaruhi dua negara, kuliner Taiwan tetap memiliki kekhasan pada pemakaian bumbu. "Basic kuliner Taiwan adalah pemakaian tiga bumbu, yaitu sesame oil, rice wine, dan soya sauce. Tiga bumbu ini hampir selalu ada pada makanan Taiwan," tutupnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Dato' Raja Reza Shah Prihatin IFF Tak Dapat Ruang di Malaysia
Acara Islamic Fashion Festival (IFF) mendapatkan antusias dari masyarakat Indonesia. Namun, IFF tak mendapat ruang di negaranya sendiri, Malaysia.

Celebrity

Pria Ini Pacar Baru Syahrini?
Syahrini sering mengisyaratkan telah memiliki pengganti Raja Mohammad Syazni (Bubu) kepada media. Kini, Syahrini mengunggah foto kebersamaannya dengan pria misterius yang diduga kekasih barunya.

Travel

Museum Hakka Indonesia Diresmikan Presiden SBY
Museum Hakka Indonesia akhirnya diresmikan hari ini (30/8/2014) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Museum tersebut merupakan bagian dari pusat kebudayaan Tiong Hoa di Taman Mini.