Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Minyak Zaitun Bukan untuk Menggoreng

Johan Sompotan - Okezone
Minggu, 20 Mei 2012 17:03 wib
detail berita
(Foto: Getty Images)
MINYAK zaitun tidak bisa dipakai sembarangan alias untuk semua menu dan metode memasak. Salah satu metode yang sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun adalah menggoreng.
 
"Minyak zaitun sebenarnya juga bisa dipakai untuk menggoreng, tetapi apakah kita mau? Faktor harga bicara, ngapain kita menggoreng kerupuk pakai minyak zaitun?," kata Chef Stefu Santoso, Chef of Amuz Gourmet Restaurant, kepada Okezone usai acara Borges Chef Cooking Competition 2012” di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, baru-baru ini.
 
Selain faktor pemborosan, minyak zaitun juga tidak boleh terkena suhu panas tinggi. Padahal dalam metode menggoreng, suhu api yang diperlukan haruslah tinggi.
 
"Minyak zaitun akan berubah fungsi, dari yang tadinya baik menjadi lemak trans. Lemak trans akan berbahaya buat manusia. Memang tidak langsung berbahaya, tapi lama kelamaan dan sering, akan membahayakan. Mungkin perlu dilakukan pengetesan laboratorium," lanjutnya.
 
Suhu api tinggi juga menyebabkan khasiat serta manfaat minyak zaitun hilang. Akan lebih baik bila minyak zaitun diolah sebagai tambahan dalam metode menumis, dressing salad, atau diminum begitu saja.
 
“Jangan digunakan untuk menggoreng," tegasnya.
 

  (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Minyak

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Ingin Kenikmatan Seks? Coba Bertengkar di Ranjang!

Pria sangat suka bereksperimen soal seks. Sayangnya, wanita masih suka malu-malu untuk mengungkapkan hasrat bercinta kepada pasangan.

Celebrity

Dul Pilih Maia, Ahmad Dhani: Terserah Anak-Anak Saja!
Selama proses hukum berlangsung AQJ alias Dul selalu di temani sang ibu, Maia Estianty dalam setiap persidangannya. Ahmad Dhani hanya terlihat sekali menemani AQJ di sidang perdana.

Travel

Bandaranya Terburuk di Dunia, Presiden Filipina Minta Maaf
Presiden Filipina Benigno Aquino meminta maaf kepada penumpang yang tiba di Bandara Manila menyoal pendingin udara yang tak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, bandara ini kemudian masuk daftar bandara terburuk versi situs perjalanan online.