Getting Time...
OKEFOOD | Icip-icip

Apem Lopis Situbondo untuk Hilangkan Lelah

Bambang Sugiarto - Sindo TV
Selasa, 12 Juni 2012 06:52 wib
detail berita
Apem lopis Situbondo (Foto: situbondokita.blogspot)
BERKUNJUNG ke Situbondo, Jawa Timur, saat malam hari, tak lengkap kiranya jika tidak mampir di kedai apem khas Situbondo. Selain menyajikan apem gula rasa kayu manis, pedagang apem juga menyiapkan lopis ketan sebagai pendamping hidangan pokoknya.

Indahyani, pedagang apem yang merupakan warga Desa Olean, Kecamatan Kota situbondo, tiap malam berjualan apem di kawasan Jalan Raya Olean. Tiap malam, tua-muda, laki-perempuan, bahkan anak anak tampak membeli apem buatan Idahyani.

Ada yang beda dari apem khas Situbondo, pasalnya apem ini disajikan dengan gula merah dan parutan kelapa rasa kayu manis. Sementara, bagian pinggirnya diberi lopis, makanan lain yang terbuat dari beras ketan.

"Rasa apem khas Situbondo sangat enak. Apalagi bagi pekerja berat dan kantoran, kayu manis yang rasanya hangat dapat menghilangkan capek dan lelah," tutur Yuli, salah seorang pembeli, baru-baru ini.

Indahyani menjajakan seporsi menu apemnya dengan harga Rp5.000. Selain pembeli langsung menyantap apem di kedai, ada juga yang membawa pulang untuk oleh-oleh keluarga. Tiap hari setidaknya ratusan pembeli memborong apem buatan Indahyani.

"Saya membuka kedai setelah sholat isya sampai dini hari. Harga satu porsinya saya jual Rp5.000," kata Indahyani. Penasaran dengan apem rasa kayu manis? Datang saja ke Situbondo. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Icip-Icip

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Begini Penampakan Wajah Pangeran George di Usia 18
Seorang ilustrator asal Hungaria, Nikolett, telah menciptakan tampilan Pangeran George saat dia beranjak dewasa. Bagaimana wajah Pangeran George saat berusia 18 tahun?

Celebrity

Didatangi Massa Kotak-Kotak, Dhani Lakukan Ini
Kediaman Ahmad Dhani di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, sekira pukul 13.55 WIB, di massa kotak-kotak. Puluhan tunarungu itu berdemo menuntut Ahmad Dhani memenuhi nazarnya.

Travel

Sebelum Jatuh, Wajah Penumpang MH17 Bahagia
Ada satu kenangan manis yang masih teringat oleh seorang petugas check-in Malaysia Airlines. Ia mengaku, melihat seluruh wajah penumpang dalam keadaan bahagia sebelum memasuki pesawat.