Getting Time...
OKEFOOD | Icip-icip

Apem Lopis Situbondo untuk Hilangkan Lelah

Bambang Sugiarto - Sindo TV
Selasa, 12 Juni 2012 06:52 wib
detail berita
Apem lopis Situbondo (Foto: situbondokita.blogspot)
BERKUNJUNG ke Situbondo, Jawa Timur, saat malam hari, tak lengkap kiranya jika tidak mampir di kedai apem khas Situbondo. Selain menyajikan apem gula rasa kayu manis, pedagang apem juga menyiapkan lopis ketan sebagai pendamping hidangan pokoknya.

Indahyani, pedagang apem yang merupakan warga Desa Olean, Kecamatan Kota situbondo, tiap malam berjualan apem di kawasan Jalan Raya Olean. Tiap malam, tua-muda, laki-perempuan, bahkan anak anak tampak membeli apem buatan Idahyani.

Ada yang beda dari apem khas Situbondo, pasalnya apem ini disajikan dengan gula merah dan parutan kelapa rasa kayu manis. Sementara, bagian pinggirnya diberi lopis, makanan lain yang terbuat dari beras ketan.

"Rasa apem khas Situbondo sangat enak. Apalagi bagi pekerja berat dan kantoran, kayu manis yang rasanya hangat dapat menghilangkan capek dan lelah," tutur Yuli, salah seorang pembeli, baru-baru ini.

Indahyani menjajakan seporsi menu apemnya dengan harga Rp5.000. Selain pembeli langsung menyantap apem di kedai, ada juga yang membawa pulang untuk oleh-oleh keluarga. Tiap hari setidaknya ratusan pembeli memborong apem buatan Indahyani.

"Saya membuka kedai setelah sholat isya sampai dini hari. Harga satu porsinya saya jual Rp5.000," kata Indahyani. Penasaran dengan apem rasa kayu manis? Datang saja ke Situbondo. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Icip-Icip

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Horoskop 24-26 April 2014 (I)
Semakin panas krisis yang dialami, semakin Anda tetap tenang. Ini terbukti ketika hal-hal akan mencapai titik puncaknya.

Celebrity

Mandi Dibatasi Satu Galon Sehari, Depe Mulai Tak Betah Dibui
Disela-sela kesibukannya, Demitha menyempatkan diri menjenguk Dewi Perssik (Depe) yang kini masih ditahan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Travel

Menikmati Hari di Pulau Hari
Dari kejauhan nampak garis pantai begitu mulus dipahat ombak kecil yang mengibas halus bibir pantai. Bingkai panoramanya berupa pantai, gundukan pulau berwarna hijau, dan air bak kristal. Semuanya begitu memesona, sederhana, jujur, dan menegaskan sekali lagi bahwa alam pasrah pada manusia.