Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Jangan Pernah Merebus Kerang!

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 30 Juni 2012 17:15 wib
detail berita
(Foto:Corbis)
BIASANYA dalam mengolah kerang, Anda terlebih dahulu memasaknya dengan cara direbus. Cara seperti itu sangat salah dilakukan karena bisa merugikan kerang yang diolah.
 
"Kalau mau mengolah kerang, jangan pernah direbus karena cara itu salah besar," jelas Chef Pranowo, Executive Sous Chef Hotel Le Meridien, saat berbincang dengan Okezone di Hotel Le Meridien, Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (30/6/2012).

Dengan cara direbus maka akan membuat nutrisi dan gizi dari kerang akan menghilang secara keseluruhan, menurutnya bila dilakukan perebusan maka Anda sama saja hanya mengonsumsi air hasil olahan kerang yang direbus.

"Begitu air mendidih, memang kerang memang cepat terbuka, kadar daging menciut dan mengecil dan sesuatu yang direbus atau dimasak apapun maka akan mengecil, kehilangan semua inti sarinya, sama saja makan airnya, tidak ada kalorinya," bebernya.

Selain menghilangkan nutrisi dan gizi dari kerang, maka daging ekrang akan menciut atau mengecil sehingga Anda tidak mendapatkan inti sarinya, tidak ada kadar kalori yang didapatkan.

"Direbus itu proses salah karena menghilangkan protein, vitamin, nutrisinya sehingga apa yang Anda makan tidak mendapat apapun," lanjutnya.

Lalu bagaimana proses yang benar dalam mengolah kerang?

"Anda cukup mengambil wadah atau teflon maupun wajan, kemudian siapin bumbu bawang merah, putih, jeruk lemon, cabai, jahe dan daun ketumbar dan minyak sedikit, panaskan Teflon, panaskan minyak, sauté bumbu sampai harum, lalu masukin lemon, kerang kemudian tutup kecilkan api. dan aromatiknya terasa dan kerang juga terbuka," tukasnya. (uky)
  (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Seafood

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lebaran, Fatin Shidqia & Keluarga Kompak Bergaun Panjang
Menurut Fatin  Shidqia, gaun atau longdress mampu membuatnya terlihat lebih tinggi dan jenjang. Oleh sebab itu, dia berencana mengenakan gaun pada saat Lebaran.

Celebrity

Tanpa Gaston, Salam Tempel Jupe Kini Berbeda
Julia Perez (Jupe) mengaku masih menjalani tradisi salam tempel atau memberi angpau kepada kerabat, dan keluarga yang lebih muda. Seraya bercanda, Jupe mengaku, ada sedikit perbedaan dari salam tempel yang diberikannya.

Travel

Jakarta ke Bali Bisa Naik Kereta Api!
Melakukan pelesiran ke Jakarta menuju Bali bukan hanya menggunakan jalur udara atau bus. Namun bisa menggunakan kereta api. Keren!