Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Hati Angsa, Makanan Kebesaran Prancis

Johan Sompotan - Okezone
Senin, 2 Juli 2012 11:09 wib
detail berita
hati angsa (Foto:Corbis)
FOIE gras (baca: foagra) alias hati angsa perlahan mulai menambah khasanah kuliner yang ada di Indonesia. Ternyata, foagra merupakan makanan khas Kerajaan Prancis.
 
"Di Prancis, foagra masuk dalam spesifikasi makanan kerajaan karena makanan yang mahal. Treatment, proses memasak, pakai wine jenis Brandy, dan dimasak dengan suhu yang tidak terlalu panas," jelas Pranowo, Executive Sous Chef Hotel Le Meridien, kepada Okezone di Hotel Le Meridien, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
 
Lantas, apa yang menyebabkan makanan yang sudah disajikan sejak masa Raja Louis XIII ini begitu istimewa? Chef Pranowo menjelaskan alasannya yang rupanya terbilang unik. Angsa dibuat kesal dengan cara diganggu. Ketika angsa stres, hatinya pun membesar, dan saat inilah, angsa segera dipotong. Dagingnya sendiri tidak diambil, hanya hatinya.
 
Selama dimasak, foagra juga diperlakukan khusus, yakni dengan menjaga stabilitas suhu api. Menurut Chef Pranowo, bila suhu api terlalu panas, maka kadar lemak hati angsa akan menurun. Hal ini dicegah terjadi karena lemak menjadikan foagra nikmat, juga karena foagra merupakan menu yang selalu disajikan pada musim dingin sehingga lemak diperlukan bagi penikmatnya.
 
"Teknik memasaknya; hati angsa diambil, dikeringkan, dicuci, lalu dimasukkan ke chiller. Setelah itu, urat-urat kecil foagra diambil dan direndam dalam susu selama tiga sampai empat jam, lebih lama lebih bagus. Susu berfungsi melembutkan tekstur foagra. Baru kemudian foagra ditumis dengan Brandy," lanjutnya.
 
Mengapa wine jenis Brandy yang digunakan, Chef Pranowo menjelaskan bahwa wine ini aromatik sehingga mampu menghilangkan aroma amis hati angsa.
 
"Kalau enggak pakai wine, taste-nya beda, apalagi di Eropa, wine gampang ditemukan. Paling enak makan foagra sehari setelah dimasak, masukkan ke chiller supaya aromatiknya keluar," tutupnya.
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : International Food

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lupita Nyong'o, Selebriti Paling Cantik
Majalah People mendapuk Lupita Nyong'o sebagai bintang atau wanita paling cantik sedunia. Tampaknya 2014 menjadi tahun Lupita, sebelumnya dia juga mendapatkan Piala Oscar.

Travel

Wisatawan Muda, Penting Freedom ketimbang Free
Budaya Timur orang-orang Indonesia ternyata berpengaruh pada pemilihan akomodasi saat berwisata. Menurut survei TripAdvisor, saat pelesir wisatawan muda memilih terbebas dari keluarga meski harus membayar lebih.