Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Apa Itu Wasabi?

Johan Sompotan - Okezone
Senin, 9 Juli 2012 19:05 wib
detail berita
Wasabi (Foto:Corbis)
JIKA pergi ke restoran sushi, Anda pasti akan melihat gumpalan berwarna hijau yang berasa pedas. Gumpalan hijau itu dinamakan wasabi.
 
Wasabi adalah bahan makanan pokok yang digunakan dalam menu sushi, biasanya dipasangkan dengan acar jahe Jepang yang disebut gari. Wasabi dalam bentuk murni adalah akar, bahkan merupakan bagian dari keluarga sayuran, seperti lobak dan sawi. Wasabi dikenal memiliki aroma pedas, tetapi bukan seperti cabai merah yang tingkat kepedasannya keluar berkat capsaisin di dalamnya. Di sini, wasabi hanya melepaskan serangkaian uap panas dan pedas ketika diparut.
 
Karena memiliki aroma yang kuat, para ilmuwan di Jepang pun bekerja mengolah wasabi untuk diberikan kepada kaum tunarugu demi mengenal aroma pedas. Demikian seperti dilansir The Daily Meal.
 
Pemakaian wasabi diolah dengan cara diparut, biasanya ditemukan pada resto sushi tradisional. Mereka yang menyukai wasabi akan mencampurnya saat bersantap sushi untuk dicelupkan ke dalam saus khusus (soyu). Cara seperti ini biasanya dikenal sebagai wasabi-joyu.
 
Wasabi tidak terbatas hanya untuk bersantap sushi, tetapi bisa dikombinasikan dalam rendaman ikan atau diberi ke aioli sehingga saus menjadi pedas. Anda bisa mengonsumsi kacang goreng garing ini bersama wasabi dan gula.
 
Di negara Barat, wasabi tidak terlalu menjadi andalan dalam menyantap sushi. Karenanya, wasabi tidak disajikan secara autentik, meski memiliki reputasi pedas. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : International Food

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Jadi Miss Indonesia, Maria Rahajeng Lebih Anggun
Menjadi Miss Indonesia 2014, rupanya membawa perubahan pada diri seorang Maria Rahajeng. Terutama bagaimana penampilannya di depan publik.

Celebrity

Nikita Mirzani Gugat Cerai Suami Lagi
Aktris kontroversi Nikita Mirzani kembali muncul dengan kabar tak baik. Nikita kembali menggugat cerai sang suami, Sajad Ukra di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan.

Travel

Tumbalkan Nyawa di Sumur Ini, Kepercayaan Suku Maya Panggil Hujan
Jika pada musim kemarau, sumur ini akan dilempari manusia yang terdiri dari pria atau wanita, atau bahkan anak anak sekalipun. Hal ini dilakukan untuk menenangkan dewa air sehingga akhirnya mereka akan memberikan hujan bagi wilayahnya. Ketika beberapa orang arkeolog mengeruk kawasan ini di abad ke 20, mereka menemukan lonceng emas, masker, cangkir, potongan batu giok bersamaan dengan tulang belulang manusia.