Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Lima Masakan Jepang Mudah Dibuat di Rumah

Johan Sompotan - Okezone
Selasa, 17 Juli 2012 19:31 wib
detail berita
Sushi roll (Foto:Corbis)
MASAKAN Jepang kian populer di seluruh penjuru dunia. Rasa dan bahan yang sederhana menjadi kunci kekuatan masakan Jepang. Untuk bisa mencicipinya, Anda tidak perlu pergi keluar kok.

Mengapa tidak berusaha untuk menghemat uang dan mencoba mengolah masakan Jepang di rumah? Jika memiliki bahan dapur yang tepat, maka sudah saatnya Anda menjajal beberapa resep sederhana.

Untuk Anda yang baru mengolah masakan Jepang, ada beberapa masakan yang bisa dibuat di rumah, dengan proses yang cukup mudah. Berikut ini, seperti dilansir The Daily Meal:

Ayam teriyaki
Salah citarasa masakan Jepang terpopuler adalah saus teriyaki, bahkan bahannya sudah ada dalam bentuk jadi di supermarket. Menariknya, teriyaki merupakan teknik memasak, bukan nama saus. Sebab, “teri” berarti “berkilau”, yang merujuk pada rendaman kecap manis dan “yaki” adalah “memanggang”. Orang Jepang memasak semua jenis daging, seafood, dan sayuran dengan metode memasak pilihan. Karena rasanya yang manis dan gurih, teknik ini biasanya disukai anak-anak.

Gyoza
Berasal dari nama stiker panci di China, gyoza ini merupakan kulit yang tipis dan biasanya berbentuk lebih kecil. Anda bisa membeli paket gyoza beku di supermarket, tapi sebenarnya lebih menyenangkan untuk membuat sendiri dengan keluarga dan teman.
Proses penyimpanannya pun cukup mudah, yakni di lemari es, atau bisa diolah menjadi sayuran. Sementara itu, untuk camilan atau makanan pembuka, Anda bisa menggunakan sisa kulit gyoza untuk membungkus keju.

Sushi roll
Jenis sushi, yaitu gulungan California, mungkin salah satu yang terkenal di antara gulungan sushi yang disajikan di restoran Jepang di seluruh dunia. Bahan-bahannya mudah ditemukan karena Anda hanya perlu daging kepiting, mayones, rumput laut kering, dan nasi sushi. Ada juga sushi roll atau makimono, yang mudah dibuat menggunakan tangan. Menu ini cocok untuk makanan pembuka.

Donburi
Makanan ini bisa dibilang cukup ekonomis, memuaskan, serta cepat dan mudah dibuat. Ketika tidak memiliki banyak waktu untuk memersiapkan hidangan yang lengkap, donburi bisa jadi pilihan, termasuk gyudon (sapi donburi), oyakodon (ayam dan telur donburi), katsudon (potongan daging dan telur donburi), unadon (belut panggangan), dan banyak lagi.

Sup miso
Terakhir, ketika Anda menghidangkan menu masakan Jepang, sertakan pula sup miso. Sup miso di berbagai negara disajikan dengan cara berbeda. Di Amerika, restoran Jepang menyajikan sup miso di awal makan sementara di Jepang biasanya disajikan dengan makanan. Sup miso di Jepang disajikan dengan lebih variatif bersama bahan makanan lain, seperti kerang serta seafood.

(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : International Food

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lenny Agustin Kompak Sarimbitan dengan Keluarga Besar
Hal menyenangkan dari menjadi desainer adalah tidak perlu pusing mengeluarkan uang untuk membeli sejumlah busana Lebaran. Seperti Lenny Agustin, yang selalu membuat busana sarimbit untuk keluarga besarnya.

Celebrity

Charly "Setia Band" Dua Hari Naik Motor ke Cirebon
Charly, salah satu pentolan Setia Band memiliki cerita yang terkesan saat melakukan mudik ke kampung halaman. Ya, Charly pernah rela mudik menggunakan sepeda motor ke kampung halamannya demi merayakan hari raya Idul Fitri.

Travel

Surya Saputra Ajak Istri ke Kaliurang
Setelah melalukan perjalanan singkat ke Nusa Lembongan, pasangan ini memutuskan untuk melakukan pelesiran ke Kaliurang. Apa pasal?