Getting Time...
OKEFOOD | Icip-icip

Kembang Tahu, Hangatnya Pas Mengisi Malam

Bonita Ningsih - Okezone
Rabu, 18 Juli 2012 06:16 wib
detail berita
Kembang tahu (Foto: ideresepmasakan)
PUTIH, lembut, dan bertekstur halus merupakan ciri tahu yang berbahan baku kacang kedelai. Adapula variasi olahan kembang tahu yang nikmat disantap selagi hangat.

Salah satu penjual kembang tahu berlokasi di Jalan Kober, Margonda, Depok, Jawa Barat. Di sini tersedia kembang tahu Pontianak.

Aseng (50), penjual kembang tahu, mengatakan bahwa kembang tahu buatannya mirip agar-agar. Bedanya, kembang tahu ini berwarna putih. Untuk mengolah kacang kedelai hingga menjadi kembang tahu, Aseng menjelaskan tahap-tahapnya.

“Awalnya, kacang kedelai direbus sampai tingkat kematangan yang pas, lalu disaring untuk diambil sarinya. Kembang tahunya siap disajikan hangat, pakai air gula jahe dan gula aren,” ucapnya, ketika ditemui Okezone, baru-baru ini.

Tiga variasi rasa kembang tahu yang disediakan, yaitu original, keju, dan kacang. Selain kembang tahu, Aseng juga menyediakan susu kedelai dan sari kacang hijau.

“Dapat disajikan hangat atau dingin, tergantung selera,” imbuhnya.

Cara pembuatan minuman-minuman tersebut cukup mudah. Dijelaskan Aceng, sama seperti membuat kembang tahu, bedanya minuman direbus sebentar saja. Dan menurutnya, kacang hijau yang diperlukan untuk sari kacang hijau lebih banyak daripada kacang kedelai untuk kembang tahu.

“Kacang hijaunya lebih banyak dibanding kacang kedelainya, sekitar tujuh kilogram setiap harinya, biar kental minumannya,” tambahnya.

Warung yang berdiri pertengahan Ramadan 2011 ini kini mampu menghabiskan bahan enam kilogram kacang kedelai setiap harinya. Setelah diolah, kedelai dimasukkan ke termos besar yang bisa menampung dua termos. Sementara, satu termosnya menampung 60 liter kembang tahu.

Mengenai harga, Aseng mematok Rp5 ribu untuk kembang tahu original, Rp7 ribu untuk kembang tahu keju, dan Rp6 ribu untuk kembang tahu kacang. Untuk minumannya, susu kedelai dihargai Rp3 ribu dan sari kacang hijau Rp4 ribu. Setiap harinya, warung Aceng buka mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB.

"Kalau malam-malam begini, makan kembang tahu pas banget. Ditambah sari kacang hijaunya yang enak, bikin ketagihan,” tutur Astri (24), salah seorang penikmat kembang tahu Margonda. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Minuman

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Ingin Kenikmatan Seks? Coba Bertengkar di Ranjang!

Pria sangat suka bereksperimen soal seks. Sayangnya, wanita masih suka malu-malu untuk mengungkapkan hasrat bercinta kepada pasangan.

Celebrity

Dul Tak Tinggal Bareng Dhani Lagi Bukan karena Dipaksa Maia
Kabar mengenai Dul sudah tinggal bersama ibunda tercintanya, Maia Estianty tampaknya sudah bukan rahasia lagi. Guru spiritual sekaligus sahabat Maia, Umi Nung, membenarkan kabar tersebut. Dul sendiri yang memilih untuk tinggal bersama Maia.

Travel

Bandaranya Terburuk di Dunia, Presiden Filipina Minta Maaf
Presiden Filipina Benigno Aquino meminta maaf kepada penumpang yang tiba di Bandara Manila menyoal pendingin udara yang tak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, bandara ini kemudian masuk daftar bandara terburuk versi situs perjalanan online.