Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Buka Puasa, Makan Kolak Buah Saja

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 28 Juli 2012 16:37 wib
detail berita
(Foto:Blogspot)
SELAMA berpuasa, otomatis tubuh menyesuaikan diri karena menahan lapar dan haus selama sekira 12 jam. Mau tak mau kita harus pintar memiliki makanan untuk berbuka puasa. Salah satu yang disarankan adalah kolak buah.
 
"Bila selama ini buka puasa makan kolak, ada baiknya diganti dengan kolak buah," ujar Chef Juna, salah seorang juri MasterChef Indonesia Season 2, kepada Okezone ketika ditemui di Studio 4 RCTI, Jakarta, baru-baru ini.
 
Pemilik nama asli Juna Rorimpandey ini mengatakan bahwa kolak dan buah dibutuhkan selama bulan puasa. Dia menyebutkan, keduanya mempunyai fungsi berbeda.
 
"Kolak kan punya rasa manis sehingga secara medis dibutuhkan untuk mengganti tenaga dan kalori. Sementara, buah memberikan kadar serat dan mineral buat tubuh. Kalau disatukan, keduanya menjadi sesuatu yang bermanfaat," tambahnya.
 
Untuk pemakaian buah-buahan yang akan diolah menjadi kolak, dia menyarankan yang bertekstur padat. Jadi, bukan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka.
 
Dia menegaskan, pemakaian buah pada kolak buah semestinya tidak menghilangkan rasa asli menu ini. Terlebih, katanya, citarasa kolak buah hanya berasal dari santan dan gula merah.
 
"Pepaya muda bisa dipakai, rasanya juga tidak terlalu tajam karena hanya ada gula merah. Ini lebih pada permainan tekstur," tutupnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Ramadan

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Wanita Asia Primadona Pria Berbagai Etnis
Beruntunglah Anda sebagai wanita Asia. Pasalnya, wanita Asia lebih disukai pria dari empat etnis terbesar di dunia, seperti Kaukasian, Hispanik, dan Afrika.

Celebrity

Velove Vexia Malas Ladeni Isu Kumpul Kebo
Artis cantik Velove Vexia diterpa gosip tak sedap tinggal bersama dengan pacarnya yang bernama Alex. Mereka tinggal bersama di rumah mewah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Travel

Air India Sering Kemasukan Tikus!
Pernahkah Anda membayangkan berada di dalam penerbangan yang di dalamnya ada seekor hewan menjijikan seperti tikus?