Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Serba-serbi Olahan Jagung

Johan Sompotan - Okezone
Selasa, 7 Agustus 2012 11:55 wib
detail berita
(Foto: corbis)
SELAIN enak dikonsumsi dengan olahan sederhana, seperti direbus, jagung pun nikmat dibuat sup, bubur, dan sebagainya. Dapatkan manfaat jagung lewat olahannya yang bisa bervariasi.

Sebagian besar orang memilih untuk mengonsumsi jagung dengan cara direbus. Apapun pilihan konsumsinya, hal utama yang harus diperhatikan adalah memilih jagung terbaik ketika membeli, menyimpan, serta cara mempersiapkannya. Untuk membeli jagung, pilihlah yang bagian tongkol atau ujung jagungnya berwarna terang. Pastikan bulir jagung tidak memiliki tanda kerutan, juga tanda kesegaran dan keutuhan pada kulit jagung.

Seusai membeli jagung, sebaiknya segera disimpan agar rasa manisnya tidak berkurang. Simpan dalam kantong plastik bersih kemudian taruh dalam kotak sayuran di lemari es. Gunakan jagung maksimal satu hingga dua hari kemudian.

Untuk persiapannya, jagung bisa dimasak dengan cara apapun, mulai dari rebus, bakar, maupun tumis. Sementara untuk diolah panggang atau rebus, masak cukup selama lima menit dan jangan lupa untuk membuang bagian kulitnya, seperti dilansir Healthyfood.

Sementara bicara kandungan gizinya, jagung memiliki 5 gram protein, 0,4 gram lemak jenuh, 25 gram karbohidrat, 2 gram gula, serta 3 gram serat, juga kandungan mineral dan vitamin. Perlu diketahui pula, jagung manis mengandung antioksidan yang baik, khususnya antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang bermanfaat mencegah katarak maupun kebutaan.

Untuk mendapatkan manfaat gizi jagung, berikut olahan yang bisa menjadi rekomendasi:

Salad
Jagung memberi kesegaran serta rasa manis pada salad. Tambahkan pula irisan apel merah dan anggur tanpa biji. Tak hanya itu, salad pun semakin berwarna dengan jagung, dijamin anak-anak akan tergoda mencobanya.

Sup
Selain diolah menjadi salad, jagung pun juga enak dibuat sup. Siapkan 1 liter kaldu ayam, ditambah dua batang daun seledri cincang, satu sendok makan garam, biji jagung yang diambil dari tiga buah jagung, jangan lupa beri 310 gram krim jagung. Bila sudah, rebus selama lima menit dengan api sedang, berikan tiga fillet dada ayam, iris tipis, lalu masak.

Pikelets (sejenis pancake)


Tambahkan biji jagung dari satu batang jagung untuk adonan pikelet. Sajikan makanan ringan ini bersama satu sendok yoghurt ataupun es krim.

Camilan

Satu batang jagung bisa diolah menjadi camilan. Caranya, masak dalam microwave selama lima menit lalu kupas kulitnya. Segera santap jagung selagi masih mengeluarkan uap. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Sayuran

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Jangan Biarkan Kulit Dehidrasi Selama Puasa
Kekurangan air dan nutrisi bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering dan kusam selama sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, kulit tetap harus mendapat perhatian.

Celebrity

Wali: Israel Itu Zalim!
Band Wali tampaknya tidak main-main dalam memberikan dukungan bagi warga Palestina yang tengah dizalimi oleh Israel.

Travel

Proses Mumifikasi oleh Suku Angga
Selama berabad-abad, suku Angga yang ada di Papua Nugini telah berlatih teknik mumifikasi yang cukup unik. Setelah merokok, mumi tidak dimakamkan di kuburan atau makam, melainkan ditempatkan di tebing curam.