Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Menata Meja Makan Cantik untuk Lebaran

Bonita Ningsih - Okezone
Minggu, 19 Agustus 2012 19:14 wib
detail berita
(Foto: corbis)
BERBAGAI sajian Lebaran nan lezat sudah Anda siapkan. Janganlah lupa untuk juga menata meja makan secantik mungkin demi momen menyenangkan bersantap bersama keluarga.

Tentu menyenangkan bisa menyajikan menu Lebaran di atas meja makan yang tertata cantik. Bukan dekorasi mahal yang Anda perlukan, tapi kreativitas untuk memanfaatkan bahan yang ada. Yuk, intip cara mempercantik meja makan Anda, seperti dilansir Fabulous Foods:

Peralatan yang bagus

Untuk menata meja makan menjadi cantik, Anda tidak harus menggunakan peralatan baru dan mewah. Coba lihat lemari peralatan rumah tangga, mungkin di sana akan Anda temui sebuah peralatan yang lengkap dan masih bagus. Namun, jika ada beberapa peralatan yang belum tersedia di rumah, Anda bisa membelinya. Tidak perlu mahal, cukup sederhana namun berkelas.

Piring dan mangkuk

Cobalah untuk menata meja dengan seperangkat piring dan mangkuk berwarna putih ataupun hitam. Dengan dua warna tersebut, Anda akan mudah mencampur dan mencocokkannya dengan peralatan lain warna apa saja di atas meja makan. Dan, cobalah memilih bentuk wadah saji berbentuk persegi agar masakan tidak tumpah.

Gelas kristal

Selain memepersiapkan piring dan mangkuk, Anda juga membutuhkan satu set gelas. Agar lebih menarik, ada baiknya gunakan gelas kristal. Siapkan minimal 12 buah gelas kristal untuk mengantisipasi jumlah tamu yang akan datang.

Sendok dan garpu

Letakkan sendok dan garpu di sisi piring, dengan posisi sendok di sisi kanan piring dan garpu di sisi kiri piring. Namun, jika ada tamu yang kidal, Anda dapat menukar letak sendok dan garpu.

Alas meja

Untuk menambahkan aksen warna pada meja makan, Anda dapat meletakkan taplak berwarna cerah di atas meja. Bila belum memilikinya, Anda bisa membeli atau jika Anda bisa menjahit, manfaatkan saja keahlian tersebut untuk membuat satu taplak baru dengan warna dan motif pilihan. Tidak akan merepotkan jika Anda melakukannya dengan senang hati.

Serbet

Serbet berguna sebagai alas piring dan gelas. Serbet juga sangat berguna untuk menghindari kotoran yang ada di bawah piring dan gelas. Seperti halnya jika minuman yang Anda minum terisi air dingin, maka serbet membantu agar meja makan tidak basah karena embun yang dihasilkan dari gelas. Serbet juga dapat berguna untuk menghindari makanan yang tidak sengaja terjatuh di meja makan. Serbet lebih baik dilipat segitiga agar terlihat rapi.

Lilin

Memasang lilin di atas sebuah meja makan bukan semata-mata untuk sajian atau perayaan pada malam hari. Lilin dapat Anda gunakan sewaktu-waktu jika memang dibutuhkan, misalkan untuk menghindari hewan kecil yang terbang di sekitar meja makan. Terlihat sederhana, namun lilin akan menyulap meja makan menjadi lebih elegan bersama peralatan makan lainnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Lebaran

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lebaran, Fatin Shidqia & Keluarga Kompak Bergaun Panjang
Menurut Fatin  Shidqia, gaun atau longdress mampu membuatnya terlihat lebih tinggi dan jenjang. Oleh sebab itu, dia berencana mengenakan gaun pada saat Lebaran.

Celebrity

Tanpa Gaston, Salam Tempel Jupe Kini Berbeda
Julia Perez (Jupe) mengaku masih menjalani tradisi salam tempel atau memberi angpau kepada kerabat, dan keluarga yang lebih muda. Seraya bercanda, Jupe mengaku, ada sedikit perbedaan dari salam tempel yang diberikannya.

Travel

Jakarta ke Bali Bisa Naik Kereta Api!
Melakukan pelesiran ke Jakarta menuju Bali bukan hanya menggunakan jalur udara atau bus. Namun bisa menggunakan kereta api. Keren!