Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Langkah-Langkah Membuat Mayones Sendiri

Fitri Yulianti - Okezone
Senin, 27 Agustus 2012 16:42 wib
detail berita
(Foto: sheknows)
MAYONES bisa menjadi dressing yang melezatkan salad, juga menjadi pendamping banyak menu camilan. Beberapa langkah akan memudahkan Anda membuat mayones sendiri.

Jika Anda mempunyai minyak, cuka, telur, mustard, dan alat kocok, maka itu sudah cukup untuk meracik mayones buatan sendiri dalam waktu kurang dari lima menit. Tenang saja, rasa yang dihasilkan akan sama lezat dengan mayones yang biasa Anda beli di pasaran. Anda juga akan menyantapnya dengan perasaan aman karena tahu kandungannya.

Dan sekali menguasai teknik ini, Anda akan dapat menggunakan mayones buatan sendiri untuk banyak menu. Berikut caranya, seperti dilansir Sheknows:

Langkah 1: mengemulsi
Mayones merupakan emulsi permanen, yang berarti tidak akan terpisah dalam waktu lama. Mayones dibuat dari beberapa tetes minyak dan air (biasanya dengan jus lemon atau cuka) dengan agen pengemulsi (kuning telur, yang mengandung lesitin) yang kemudian dikocok.

Mayones yang dibuat sendiri jauh lebih segar daripada yang Anda beli di toko. Anda bahkan dapat mengkreasikannya ke dalam berbagai rasa dengan penambahan bumbu dan rempah-rempah.

Rahasia sukses membuat mayones adalah membangun emulsi sedari awal sebelum dicampurkan dengan minyak. Sesendok mustard, yang juga mengandung lesitin pengemulsi, dan beberapa tetes minyak ditambahkan ke kuning telur akan memastikan emulsinya sukses membentuk mayones.

Langkah 2: tambahkan minyak
Setelah emulsi awal terbentuk, kocok minyak ke dalam kuning telur dalam kecepatan lambat. Semakin lambat minyak ditambahkan, semakin sedikit tetesannya, ini akan menciptakan mayones yang lebih stabil kentalnya.

Tergantung pada minyak yang Anda gunakan, warna mayones buatan sendiri akan berkisar pada kuning pucat. Minyak zaitun akan menghasilkan mayones rasa buah yang khas berwarna kuning pucat, sedangkan minyak netral, seperti bunga matahari, akan menghasilkan mayones yang lebih ringan dalam warna dan rasa.

Semakin banyak minyak yang ditambahkan, maka mayones Anda akan semakin kental. Mayones yang dibuat dari minyak zaitun akan kental lebih lama daripada minyak sayur ataupun minyak kanola, jadi perlu kesabaran dalam mengaduknya.

Langkah 3: mencampurnya
Secara umum, mayones membutuhkan beberapa aktivitas dalam sekali pengerjaan (multi-tasking). Siapkan mangkuk saat Anda mencampurkan minyak dengan kuning telur. Akan lebih baik bila ada yang membantu, seperti untuk memegang mangkuk agar tetap stabil atau menggunakan handuk basah untuk menjaga mangkuk dari berputar-putar liar saat Anda mengocoknya, terutama bila menggunakan hand mixer.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk sekira 1 1/4 cangkir mayones, di antaranya 1 kuning telur (bila dingin, sesuaikan dahulu seperti suhu ruangan), 1/2 sendok teh mustard, 1 cangkir minyak bunga matahari (dapat diganti dengan kanola, sayur, atau minyak zaitun), 1 sendok makan cuka anggur putih (atau jus lemon), garam kosher, dan lada hitam segar.

Cara membuatnya:
1. Dalam sebuah mangkuk berukuran sedang (kaca, bahan keramik atau non-reaktif), aduk bersama kuning telur, mustard, dan beberapa tetes minyak sampai adonan mengental. Sambil terus mengaduk, tambahkan dengan sisa minyak dan cuka lalu aduk sampai merata.

2. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Lanjutkan menambahkan minyak saat mengaduk sampai kekentalan yang diinginkan tercapai. Dinginkan ditutup selama tiga hari.

Variasi:
Tambahkan 1 siung bawang putih, cincang bersama dengan rempah segar cincang, seperti daun peterseli. Setengah sendok teh gula atau madu organik akan membuat mayones terasa manis. Sementara, rempah-rempah, seperti kari, biji jintan hitam, ataupun cabai kering akan membuat mayones berwarna-warni, harum, dan rasanya lebih kaya ketika digunakan untuk saus atau dressing. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Bumbu Dapur

Facebook Comment List

 
 

Lifestyle

Lupita Nyong'o, Selebriti Paling Cantik
Majalah People mendapuk Lupita Nyong'o sebagai bintang atau wanita paling cantik sedunia. Tampaknya 2014 menjadi tahun Lupita, sebelumnya dia juga mendapatkan Piala Oscar.

Travel

Wisatawan Muda, Penting Freedom ketimbang Free
Budaya Timur orang-orang Indonesia ternyata berpengaruh pada pemilihan akomodasi saat berwisata. Menurut survei TripAdvisor, saat pelesir wisatawan muda memilih terbebas dari keluarga meski harus membayar lebih.