Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Simpan Daging Kurban, Pisahkan dengan Bahan Makanan Lain

Johan Sompotan - Okezone
Minggu, 28 Oktober 2012 07:18 wib
detail berita
(Foto:Corbis)
DAGING kurban harus segera disimpan untuk kesegarannya. Jauhkan daging kurban dari bahan makanan lain.

Penyimpanan daging kurban harus dilakukan terpisah antara daging kambing dengan daging sapi. Pasalnya, kedua daging ini memiliki karakteristik berbeda meskipun memiliki kualitas kesegaran yang sama.

Daging sebaiknya disimpan di dalam chiller atau penyimpanan dingin selama dua hingga tiga hari pada suhu di bawah 4 derajat Celsius. Jika ingin menyimpan lebih lama, masukkan ke dalam freezer.

Pada saat penyimpanan di dalam freezer, daging bisa bertahan lebih lama, bahkan mencapai tiga bulan dengan suhu minus 1800 derajat celcius sampai minus 23,50 derajat celcius. Namun, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, sebagai berikut:

Daging harus dalam kondisi segar

Begitu mendapat daging yang segar, maka pisahkan antara daging yang segera dimasak dengan daging yang mau disimpan. Jangan menunda waktu untuk menyimpan

Perhatikan ukuran daging

Dalam menyimpan daging, sebaiknya perhatikan ukurannya. Ada baiknya dilakukan pemotongan yang merata. Buatlah ukuran daging yang bukan sama besar biar agar pembekuannya lebih merata.

Bungkus daging

Sehabis dipotong, sebaiknya daging disimpan dengan dikemas ke dalam plastik agar tidak dehidrasi. Bila dehidrasi, daging akan berubah warna menjadi cokelat kehitaman. Dan akan alot jika diolah.

Cairkan daging

Bila daging yang disimpan ingin digunakan, maka lakukan pencairan. Pertama, pindahkan daging ke dalam chiller selama 12 hingga 24 jam kemudian biarkan dalam temperatur ruang, atau bisa juga letakkan dalam wastafel sambil dikucuri air keran dalam keadaan masih terbungkus plastik. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Daging

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Begini Penampakan Wajah Pangeran George di Usia 18
Seorang ilustrator asal Hungaria, Nikolett, telah menciptakan tampilan Pangeran George saat dia beranjak dewasa. Bagaimana wajah Pangeran George saat berusia 18 tahun?

Celebrity

Didatangi Massa Kotak-Kotak, Dhani Lakukan Ini
Kediaman Ahmad Dhani di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, sekira pukul 13.55 WIB, di massa kotak-kotak. Puluhan tunarungu itu berdemo menuntut Ahmad Dhani memenuhi nazarnya.

Travel

Sebelum Jatuh, Wajah Penumpang MH17 Bahagia
Ada satu kenangan manis yang masih teringat oleh seorang petugas check-in Malaysia Airlines. Ia mengaku, melihat seluruh wajah penumpang dalam keadaan bahagia sebelum memasuki pesawat.