Getting Time...
OKEFOOD | Konsultasi Okefood

Bikin Mayones Sendiri, Yuk!

Johan Sompotan - Okezone
Selasa, 30 Oktober 2012 07:05 wib
detail berita
Mayones (Foto:sheknows)
HAI Chef, Saya Noe (29). Keluarga kami kadang membuat menu makanan ringan menggunakan mayones. Kalau harus selalu membeli tentu mahal juga, karenanya terpikir untuk membuatnya di rumah.
 
Bagaimana cara membuat mayones sendiri? Terima kasih atas jawabannya, Chef.
 
Noe-Depok
 
Jawab:
Membuat mayones cukup mudah dan sederhana, bahan yang dipakai pun mudah didapatkan di supermarket maupun pasar tradisional. Dan, daripada membeli, ada baiknya Anda membuatnya di rumah. Namun, membuat mayones harus telaten, terutama saat menuangkan minyak.
 
Sebelum mulai membuat, siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan, yakni kuning telur, minyak zaitun (bila tidak ada, pakai minyak sayur), mustard, kecap inggris, lemon, garam, dan lada. Perbanyak kadar minyak di antara bahan-bahan lainnya. Sebagai contoh, tiga kuning telur membutuhkan 500 ml minyak zaitun, satu sendok makan mustard, serta satu sendok makan kecap inggris.
 
Caranya, aduk rata kuning telur, mustard, dan kecap inggris. Aduk dengan dua tangan; tangan yang satu untuk mengaduk sedangkan tangan lainnya untuk menuangkan minyak ke dalam adonan. Aduk hingga adonan membentuk emulsi.
 
Mengapa putih telur tidak digunakan? Jika memakai putih telur, adonan akan berbusa sedangkan kuning telur mudah menyatu dengan bahan mayones lainnya. Bagi Anda yang tidak menyukai rasa asam, tambahkan gula sesuai selera.
 
Desi Trisnawati
Juara MasterChef Indonesia Season 2  
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Konsultasi

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Moms, Jangan Sembarangan Beri Nama Anak
Begitu banyak hal yang perlu disiapkan oleh calon ibu dan ayah ketika menyambut kelahiran si kecil. Salah satu hal penting yang dipersiapkan adalah nama untuk sang buah hati.

Celebrity

Gisel Lagi Hamil, Gading Marten Tak Bisa Lakukan Ini
Meski telah menikah, Gisel dan Gading Marten tetap tidak bisa meninggalkan hobinya jalan-jalan. Kata Giselle, apa yang dilakukan suami dan dirinya, bukan karena kebanyakan uang, melainkan untuk memuaskan hati jika pergi ke suatu tempat.

Travel

Solo Travelling, Perempuan Lebih Aman ke Sini
Melakukan pelesiran sendirian keluar negeri, selain banyak mendapatkan manfaat terkadang membawa banyak pelajaran baru. Anda akan belajar mandiri, tabah, dan sabar dalam menghadapi segala kondisi.