Getting Time...
OKEFOOD | Konsultasi Okefood

Bikin Mayones Sendiri, Yuk!

Johan Sompotan - Okezone
Selasa, 30 Oktober 2012 07:05 wib
detail berita
Mayones (Foto:sheknows)
HAI Chef, Saya Noe (29). Keluarga kami kadang membuat menu makanan ringan menggunakan mayones. Kalau harus selalu membeli tentu mahal juga, karenanya terpikir untuk membuatnya di rumah.
 
Bagaimana cara membuat mayones sendiri? Terima kasih atas jawabannya, Chef.
 
Noe-Depok
 
Jawab:
Membuat mayones cukup mudah dan sederhana, bahan yang dipakai pun mudah didapatkan di supermarket maupun pasar tradisional. Dan, daripada membeli, ada baiknya Anda membuatnya di rumah. Namun, membuat mayones harus telaten, terutama saat menuangkan minyak.
 
Sebelum mulai membuat, siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan, yakni kuning telur, minyak zaitun (bila tidak ada, pakai minyak sayur), mustard, kecap inggris, lemon, garam, dan lada. Perbanyak kadar minyak di antara bahan-bahan lainnya. Sebagai contoh, tiga kuning telur membutuhkan 500 ml minyak zaitun, satu sendok makan mustard, serta satu sendok makan kecap inggris.
 
Caranya, aduk rata kuning telur, mustard, dan kecap inggris. Aduk dengan dua tangan; tangan yang satu untuk mengaduk sedangkan tangan lainnya untuk menuangkan minyak ke dalam adonan. Aduk hingga adonan membentuk emulsi.
 
Mengapa putih telur tidak digunakan? Jika memakai putih telur, adonan akan berbusa sedangkan kuning telur mudah menyatu dengan bahan mayones lainnya. Bagi Anda yang tidak menyukai rasa asam, tambahkan gula sesuai selera.
 
Desi Trisnawati
Juara MasterChef Indonesia Season 2  
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Konsultasi

Facebook Comment List

 
 

Lifestyle

Horoskop 24-26 April 2014 (I)
Semakin panas krisis yang dialami, semakin Anda tetap tenang. Ini terbukti ketika hal-hal akan mencapai titik puncaknya.

Celebrity

Mandi Dibatasi Satu Galon Sehari, Depe Mulai Tak Betah Dibui
Disela-sela kesibukannya, Demitha menyempatkan diri menjenguk Dewi Perssik (Depe) yang kini masih ditahan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Travel

Menikmati Hari di Pulau Hari
Dari kejauhan nampak garis pantai begitu mulus dipahat ombak kecil yang mengibas halus bibir pantai. Bingkai panoramanya berupa pantai, gundukan pulau berwarna hijau, dan air bak kristal. Semuanya begitu memesona, sederhana, jujur, dan menegaskan sekali lagi bahwa alam pasrah pada manusia.