Getting Time...
OKEFOOD | Konsultasi Okefood

Bikin Mayones Sendiri, Yuk!

Johan Sompotan - Okezone
Selasa, 30 Oktober 2012 07:05 wib
detail berita
Mayones (Foto:sheknows)
HAI Chef, Saya Noe (29). Keluarga kami kadang membuat menu makanan ringan menggunakan mayones. Kalau harus selalu membeli tentu mahal juga, karenanya terpikir untuk membuatnya di rumah.
 
Bagaimana cara membuat mayones sendiri? Terima kasih atas jawabannya, Chef.
 
Noe-Depok
 
Jawab:
Membuat mayones cukup mudah dan sederhana, bahan yang dipakai pun mudah didapatkan di supermarket maupun pasar tradisional. Dan, daripada membeli, ada baiknya Anda membuatnya di rumah. Namun, membuat mayones harus telaten, terutama saat menuangkan minyak.
 
Sebelum mulai membuat, siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan, yakni kuning telur, minyak zaitun (bila tidak ada, pakai minyak sayur), mustard, kecap inggris, lemon, garam, dan lada. Perbanyak kadar minyak di antara bahan-bahan lainnya. Sebagai contoh, tiga kuning telur membutuhkan 500 ml minyak zaitun, satu sendok makan mustard, serta satu sendok makan kecap inggris.
 
Caranya, aduk rata kuning telur, mustard, dan kecap inggris. Aduk dengan dua tangan; tangan yang satu untuk mengaduk sedangkan tangan lainnya untuk menuangkan minyak ke dalam adonan. Aduk hingga adonan membentuk emulsi.
 
Mengapa putih telur tidak digunakan? Jika memakai putih telur, adonan akan berbusa sedangkan kuning telur mudah menyatu dengan bahan mayones lainnya. Bagi Anda yang tidak menyukai rasa asam, tambahkan gula sesuai selera.
 
Desi Trisnawati
Juara MasterChef Indonesia Season 2  
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Konsultasi

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Suami Wajib Lakukan Ini Hadapi Istri Menopause
Banyak pihak keluarga yang kesulitan bagaimana caranya menghadapi wanita yang sudah menopause. Terkadang bukan mendapat dukungan, namun yang diterima sebuah masalah.

 

Celebrity

Nikita Mirzani Gugat Cerai Suami Lagi
Aktris kontroversi Nikita Mirzani kembali muncul dengan kabar tak baik. Nikita kembali menggugat cerai sang suami, Sajad Ukra di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan.

Travel

Danau Terindah di Asia Tengah, Berubah Warna saat Musim Panas
Danau Karakul atau Black Lake terletak dataran di tinggi dan kering pada Pegunungan Pamir di Tajikistan. Berada di dalam kawasan Taman Nasional Tajik, tempat ini menjadi salah satu lokasi terindah dan terpencil di Asia Tengah.