Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Fillet Ikan, Mudah Kok!

Johan Sompotan - Okezone
Senin, 26 November 2012 20:10 wib
detail berita
Fillet ikan (Foto:Sheknows)
Membeli ikan fillet memang lebih gampang ketimbang melakukannya sendiri. Namun bila keadaan mendesak, Anda bisa menerapkan cara mudah mem-fillet ikan.
 
Tidak perlu melihat ukuran ikan yang akan di-fillet, karena Anda bisa melakukanya pada berbagai jenis ikan. Simak cara mem-fillet ikan, seperti dilansir Sheknows berikut ini:
 
Pilih ikan

Sebelum mem-fillet, pastikan ikan harus dalam keadaan segar. Minta sang penjual untuk membersihkan bagian isi perut ikan sehingga saat mem-fillet di rumah, tugas Anda menjadi lebih gampang.
 
Segera eksekusi

Seusai dibeli, cuci ikan gunakan kain lap bersih atau handuk kertas untuk menghilangkan kelembapannya.
 
Pakai pisau tajam
Setelah dibersihkan, ambil pisau yang tajam untuk memulai fillet. Buatlah sayatan di belakang kepala dan insang, potong miring.
 
Buatlah garis
Dengan memakai ujung pisau, kemudian putar pisau membentuk sebuah garis sehingga pisau bisa menuju ke bagian ekor ikan. Masih dengan memakai ujung pisau, potong bagian atas ikan sehingga pisau Anda berhenti pada bagian tulang dan sirip ikan di atas. Ketika mendekat ke bagian ekor, maka pisau akan bisa memotong secara garis lurus.
 
Angkat ikan dengan lembut

Jika sudah membelah sampai bagian ekor, gunakan tulang belakang sebagai panduan menjalankan ujung pisau untuk mem-fillet. Lakukan secara perlahan.
 
Balikkan ikan
Kalau sudah selesai, balikkan ikan lalu lakukan pada posisi lain. Fillet ikan kini bisa segera Anda olah sesuai resep favorit. Kalau tidak akan segera diolah, simpan di kulkas atau bekukan di freezer yang bisa bertahan sampai dua pekan. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Seafood

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Celebrity

Beredar, Foto Syur Mirip Yenny "3 Kucing"
Yenny Anggraeny, salah satu personel 3 Kucing kembali menuai sensasi. Setelah sempat dinyatakan hilang, beberapa waktu lalu,  kini foto bugil yang mirip Yenny tersebar di dunia maya.

Travel

Digaji Rendah, Pemandu Wisata Everest Mogok Kerja
Badan pariwisata Nepal tengah berusaha meyakinkan Sherpa (penduduk asli Nepal) untuk tetap bekerja sebagai pemandu wisatawan yang ingin mendaki puncak tertinggi dunia, Everest. Para Sherpa sempat menolak bekerja karena banyak di antara mereka yang terbunuh saat mengantar wisatawan ke puncak tersebut.