Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Sehat Minyak Kanola, Sehat Keluarga Anda

Fitri Yulianti - Okezone
Selasa, 27 November 2012 11:07 wib
detail berita
Dougo Canola Oil (Foto: dok. PT Pandurasa Kharisma)
IBU menjadi sentral kesehatan anggota keluarga, salah satu faktor penentunya adalah pemilihan bahan makanan. Bila ingin menyajikan menu sehat, minyak kanola bisa menjadi alternatif.

Minyak kanola (canola oil) diproduksi Kanada. Sebetulnya, kata "canola" merupakan singkatan dari "Canadian" dan "Oil".

Minyak kanola erat kaitannya dengan minyak nabati lain yang dikenal sebagai rapeseed oil yang berasal dari tanaman rapeseed. Melalui suatu program pembudidayaan yang sangat rapi, tanaman rapeseed kemudian dapat berkembang menjadi jenis tanaman baru yang dikenal sebagai tanaman canola.

Pada saat ini, karena sifatnya yang telah berubah, tanaman canola dan rapeseed tidak boleh disamakan lagi. Minyak yang dihasilkannya jelas berbeda, terutama komposisinya.

Minyak kanola telah mampu melayani kebutuhan pasar internasional, dengan mutu yang telah diakui sebagai forerunner minyak pangan nabati dunia. Saat ini, agar tidak ada peluang terjadinya pencampuran dengan minyak rapeseed, Pemerintah Kanada telah secara ketat membatasi budidaya tanaman rapeseed sehingga hanya dilakukan pada lokasi yang sangat terbatas.

Minyak kanola hadir sebagai alternatif minyak sehat untuk keluarga. Salah satunya seperti ditawarkan PT Pandurasa Kharisma lewat brand Dougo: Canola  Oil, yang diklaim terbuat dari 100 persen minyak kanola asli. Memiliki kanola memiliki kandungan lemak jenuh (saturated fat) rendah serta titik uap atau didih tinggi sehingga direkomendasikan sebagai salah satu alternatif minyak yang sehat.

"Saat ini, gaya hidup sehat tengah berkembang di masyarakat Indonesia. Tak hanya olahraga, asupan makanan juga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Karenanya, kami mengajak para Ibu di Indonesia untuk menyajikan makanan yang tak hanya lezat namun juga sehat bagi keluarga tercinta," kata Jennifer Lim, Director Dougo: Canola  Oil.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyajikan hidangan lebih sehat bagi keluarga adalah melalui pemilihan minyak goreng yang lebih sehat. Sebagai sosok yang bertugas menyiapkan sajian keluarga, ibu memegang peranan penting dalam pemilihan bahan makanan, termasuk minyak goreng.

“Dari banyaknya jenis minyak goreng yang beredar di pasaran, para ibu masa kini dituntut lebih cermat dan bijak dalam menentukan pilihan minyak goreng yang akan digunakan. Tak hanya citarasa, kesehatan pun kini menjadi faktor utama yang dijadikan sebagai referensi ibu dalam memilih minyak goreng,” tambahnya, seperti dilansir rilis kepada Okezone, Selasa (27/11/2012).

Minyak kanola terbuat dari minyak biji tanaman kanola (canola seed oil) yang mengandung minyak tak jenuh tunggal (monounsurated) dan minyak tak jenuh ganda (polyunsaturated) berkadar tinggi yang baik untuk kesehatan jantung. Dibanding minyak goreng nabati lain, lemak jenuh (saturated fat) penyebab penyakit jantung yang terkandung dalam minyak canola juga terbilang rendah.

Dengan titik didih tinggi, minyak kanola baik digunakan sebagai minyak goreng. Sementara dari segi citarasa, karena memiliki warna jernih serta tekstur ringan, minyak kanola juga cocok digunakan sebagai minyak salad (salad oil). (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Minyak

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Pakai Sport Bra, Rita Ora Pamer Perut Kencang
Gaya berbusana penyanyi Rita Ora, selalu mengundang perhatian. Seperti terlihat beberapa waktu yang lalu saat peluncuran parfum, ia kenakan busana serba metalik. Nah, kali ini penyanyi yang gemar pakai lipstik merah, terlihat tampil mengenakan setelan busana sporty.

Celebrity

Polisi Temukan 860 Miras di Tempat Karaoke Syahrini
Karena belum memiliki izin, Pemkot Tangerang beserta pihak kepolisian terpaksa menutup tempat karaoke milik Syahrini di Tangerang City Mall, Tangerang, pada Jumat kemarin.

Travel

Ikan Piranha Sebesar Manusia Hidup di Kongo
Sungai Kongo selalu membuat wisatawan penasaran dengan pesonanya. Nampaknya, di perairan sungai tersebut hidup monster ikan seberat 100 kilogram.