Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Bentuk Unik, Khasnya Nasi Tumpeng

Johan Sompotan - Okezone
Jum'at, 21 Desember 2012 06:15 wib
detail berita
Nasi tumpeng (Foto:pelauts)
NASI tumpeng telah dinobatkan sebagai ikon kuliner Indonesia beberapa waktu lalu. Tetapi apa yang mendasarkan nasi tumpeng terpilih menjadi ikon kuliner ketimbang makanan Indonesia lainnya? Ini jawabannya.

"Nasi tumpeng itu memiliki bentuk yang unik sehingga tidak dimiliki oleh beragam kuliner Indonesia lainnya, oleh karena itu menjadi nilai lebih buat nasi tumpeng," ucap Pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo kepada Okezone saat ditemui di Kawasan Jakarta Selatan baru-baru ini.

Bentuk yang menarik serta unik itulah membuat nasi tumpeng memiliki makanan yang punya nila tersendiri, belum lagi punya histori panjang di balik pembuatan nasi tumpeng.

Sisca menambahkan, bila nasi tumpeng sudah mencerminkan secara keseluruhan bentuk serta wilayah yang dimiliki oleh Indonesia, hal itu terlihat dari bentuk serta beragamnya bahan makanan yang banyak di dalam nasi tumpeng.

"Setiap makanan yang ada di dalam nasi tumpeng membawakan nilai budaya yang ada di Indonesia, mulai dari pepes, dimana makanan yang satu ini sangat kental dengan makanan khas Jawa Barat, kemudian sate ayam sangat mendominasi wilayah Jawa Timur khususnya daerah Madura, ada pula rendang yang dituang ke dalam nasi tumpeng sehingga mewakili daerah Sumatera Barat, dan masih banyak lagi," paparnya.

Selain memiliki ragam budaya yang dituangkan ke dalam nasi tumpeng, dirinya mengaku dengan adanya nasi tumpeng maka wujud syukur terhadap Sang Pencipta pun juga bisa terlihat dari bentuk nasi tumpeng.

"Bentuk kerucut itu merupakan arti berterima kasih kepada Tuhan karena masih bisa memiliki kemakmuran, nafas yang panjang, makanya nasi tumpeng selalu identik dengan perayaan rumah baru, ulangtahun atau yang lainnya," tukasnya. (uky) (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Ikon Kuliner

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Tora Sudiro Tidak Cuci Celana Jins Tiga Bulan
Untuk mendapatkan celana jins yang baik, kita harus tidak mencucinya dalam jangka waktu tertentu. Hal ini pun turut dilakukan Tora Sudiro yang tidak menyuci celana jinsnya selama tiga bulan

Celebrity

Yulia Rachman Tak Pernah Bahagia Selama Jadi Artis
Banyak yang mengatakan dunia selebriti sangat menjanjikan. Namun, lain halnya yang dirasakan Yulia Rachman. Perempuan kelahiran Bogor 5 Juli 1977 ini mengaku tidak mendapatkan kebahagiaan selama berkecimpung di dunia hiburan.