Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Agar Santan Kelapa Tidak Mudah Basi

Genie - Genie
Selasa, 1 Januari 2013 19:11 wib
detail berita
(Foto: tasteoftanzania)
RASANYA tentu menyebalkan bila santan yang sudah kita peras ternyata cepat basi. Cerita ini tentu berbeda dengan santan praktis dalam kemasan karena lebih tahan lama selama belum dibuka.

Cara menyimpan santan kelapa agar tidak mudah basi bergantung pada kapan Anda akan menggunakannya. Berikut tipsnya:

Menyimpan santan dalam jangka pendek

- Cara pertama: masukkan caai merah ke dalam santan sebelum disimpan dalam lemari pendingin. Santan akan segar selama beberapa hari.
- Cara kedua: masukkan satan dalam wadah atau plastik tertutup dan masukkan ke dalam lemari es. Santan bisa bertahan 4-6 hari.
- Cara ketiga: parut kelapa yang belum diperas, siram dengan air panas terlebih dahulu, lalu didinginkan. Setelah itu, masukkan ke dalam lemari pendingin. Peras parutan kelapa jika hendak digunakan.
- Cara keempat: parut kelapa disiram air panas atau direbus lalu dinginkan. Simpan dalam wadah (tidak dalam kulkas) dan rebus kembali setiap 6 jam. Santan bisa bertahan selama 24 jam.

Menyimpan santan dalam jangka panjang

- Cara pertama: rebus santan dengan sedikit garam, dinginkan, dan taruh dalam plastik. Setelah itu masukkan ke dalam frezzer. Santan bisa bertahan selama 1 bulan.
- Cara kedua: simpan santan dalam plastik atau wadah tertutup rapat. Masukkan ke dalam freezer dan biarkan beku. Dengan cara ini, santan bisa bertahan sampai 3 bulan. Carikan sekira 24 jam sebelum digunakan.
- Cara ketiga: simpan dengan cara pengalengan. Dengan cara ini, santan bisa bertahan selama 2 tahun. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Bumbu Dapur

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 

Lifestyle

Diomeli Ibunda, Julie Estelle Kapok Gelapkan Kulit
Setelah sempat tertarik memiliki kulit coklat, Julie Estelle akhirnya kapok tanning. Selain tidak pernah berhasil memiliki kulit esotis, Julie menganggap tanning berbahaya untuk kulit.

Celebrity

Nia Daniati Tak Sudi Farhat Ajak Regina Lebaran ke Rumahnya
Bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk menghapus segala salah dan khilaf. Puncaknya saat Idul Fitri seluruh umat muslim saling mengucapkan dan memohon maaf.

Travel

Tiga Barang Peserta The Extreme Journey 2014 Disita!
Memasuki babak seri Asia, peserta The Extreme Journey 2014 kian dipersulit. Bahkan, barang milik peserta seperti dompet, uang serta atm disita. Wow!