Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

5 Kesalahan Menyebabkan Kulkas Tidak Dingin

Dewi Yanti - Okezone
Kamis, 10 Januari 2013 21:16 wib
detail berita
(Foto:Shine)
SELAMA memiliki kulkas, mungkin Anda tidak terlalu memperhatikan kondisinya. Meskipun bukanlah hal yang begitu penting, manfaatnya bisa menghemat biaya dan menjaga kesehatan secara tidak langsung.

Menurut Departemen Energi Amerika Serikat, kulkas merupakan alat eletronik termahal kedua setelah AC. Alasannya, kulkas menjadi alat yang sangat membantu menjaga makanan tetap dalam kondisi baik.

Ini dia lima kesalahan umum yang sering Anda lakukan terhadap kulkas dan cara menghindarinya, seperti diulas Eatingwell.

Mengisinya terlalu penuh

Sebagian orang mungkin senang jika memiliki persediaan makanan yang berlimpa. Namun, bukan pilihan terbaik jika Anda menyimpan semuanya di kulkas atau freezer. Supaya kulkas bekerja mendinginkan makanan secara efektif, maka beri ruang agar sirkulasi udara juga bagus.

Jika Anda tetap memaksakan menyimpan makanan hingga kulkas sesak, maka kulkas akan bekerja terlalu keras agar makanan tetap dingin. Akibatnya, makanan akan cepat busuk.

Anda boleh-boleh saja menyimpan makanan di kulkas, tapi hindari mengisinya terlalu penuh. Sebaiknya beri kenyamanan sirkulasi udara pada kulkas, dan keluarkan beberapa bahan yang tidak begitu penting.

Tidak menutup pintu dengan rapat

Pintu kulkas tidak seperti pintu lemari biasa. Pintu kulkas memiliki lapisan karet yang menempel sehingga udara di dalam kulkas tetap dingin.

Pintu kulkas biasanya telah dilengkapi magnet yang dapat menarik pintu kulkas tertutup rapat. Masalahnya, ketika Anda menyimpan makanan terlalu banyak hingga bertumpuk di rak-rak kulkas, pintunya mungkin akan terlihat tertutup. Namun, nyatanya tidak tersegel dengan baik sehingga udara dingin dari dalam kulkas bisa ke luar. Tarik pintu kembali pintu kulkas untuk memastikan bahwa pintu tertutup dengan rapat.

Mengatur suhu kulkas terlalu rendah

Pada saat mengeluarkan bahan makanan dari kulkas, mungkin Anda membuka pintu terlalu lama. Agar udara dingin kulkas tidak keluar, kompensasinya Anda menurunkan suhu kulkas untuk sementara. Sayangnya, Anda seringkali lupa mengatur suhunya menjadi dingin kembali.

Akibatnya, kulkas Anda akan bekerja lebih keras dengan menyerap listrik lebih banyak lagi. Minuman dan makanan beku akan mencair, begitupun buah-buahan yang dibekukan sehingga mudah membusuk.

Selama makanan tidak lembek dan dibungkus dengan benar, saat Anda membuka pintu kulkas selama 1-2 menit, itu tidak masalah. Makanan masih bisa mempertahankan suhu dingin sebelum berpotensi terjadi pembusukan.

Pastikan Anda mengatur kulkas pada suhu yang tepat, yaitu antara 1,5-3 derajat celcius, dimana tidak terlalu dingin untuk membuat makanan menjadi beku dan tidak terlalu hangat untuk membuat makanan cepat menjadi busuk. Saat ini telah tersedia termometer yang bisa diletakkan di kulkas sehingga Anda bisa memantau suhunya.

Malas membersihkan

Kulkas merupakan tempat yang paling sering terjadi tumpahan dan kebocoran makanan. Memang, Anda telah membersihkannya, tetapi jarang membersihkan secara keseluruhan. Direkomendasikan bahwa pembersihan kulkas layaknya sudah menjadi bagian dari aktivitas pembersihan dapur secara rutin karena bakteri berbahaya dari daging dapat mencemari makakanan lain.

Campuran air dengan sedikit pemutih dapat digunakan sebagai bahan pembersih kulkas. Saat Anda membersihkan kulkas, jangan lupa bersihkan pula bagian belakang kulkas. Bagian tersebut sering menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan debu yang dapat menyebabkan kulkas tidak bekerja secara efisien. Walaupun sedikit berbahaya, cara ini dapat menghemat uang dalam jangka panjang.

Menyimpan makanan terlalu panas

Sebagian kulkas dapat menyerap sedikit panas dari makanan hangat. Namun, menyimpan makanan panas, seperti sup panas, ke dalam kulkas dapat membahayakan makanan lainnya yang ada di kulkas. Jika suhu kulkas meningkat di atas 4 derajat Celsius, maka bakteri akan mudah berkembang biak dengan cepat. Makanan pun tidak aman untuk dikonsumsi.

Untuk menyimpan makanan panas dengan aman di kulkas, bagilah ke beberapa wadah kecil. Ini memungkinkan lebih banyak terjadinya sirkulasi udara sehingga makanan akan cepat dingin dan suhu kulkas tetap ideal. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Dapur

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Jenahara Malah Tidak Siapkan Baju Lebaran
Banyak desainer telah mempersiapkan rancangan khusus untuk keluarga Indonesia pada Lebaran. Ini juga yang dilakukan salah satu desainer berbakat, Jenahara Nasution.

Celebrity

Sindir Marshanda, Inneke: Cerai Terus Buka Jilbab Itu Tak Bagus
Inneke Koesherawati menyesalkan apa yang telah dilakukan Marshanda (Chacha) dengan melepas hijab. Menurut Inneke, melepas hijab karena sesuatu hal sangat tidak baik.

Travel

Jakarta ke Bali Bisa Naik Kereta Api!
Melakukan pelesiran ke Jakarta menuju Bali bukan hanya menggunakan jalur udara atau bus. Namun bisa menggunakan kereta api. Keren!