Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Tips Penting Mengolah Bebek

SINDO
Minggu, 13 Januari 2013 14:16 wib
detail berita
(Foto:Sindo)
BERBEKAL pengetahuan tentang karakter dagingnya, bebek dapat dihadirkan sebagai menu unggulan favorit keluarga. Mulai bebek panggang, rendang, hingga bebek peking.

Dulu, tidak banyak orang yang berminat mengolah daging bebek karena aromanya cenderung lebih amis dan lebih keras dibandingkan dengan daging ayam atau jenis unggas lain. Namun, seiring semakin modernnya cara mengolah makanan, daging bebek kini bahkan bisa menjadi salah satu menu bergengsi dan banyak diminati masyarakat.

Berbagai macam olahan daging bebek bisa dibuat di rumah oleh ibu-ibu rumah tangga. Walaupun mengolahnya terbilang lebih sulit daripada mengolah daging ayam, dengan pengetahuan dan sedikit tips, daging bebek bisa menjadi menu favorit yang menjadi idola keluarga.

Untuk mendapatkan menu olahan bebek yang berkualitas dan beraroma wangi, daging bebek bisa direndam dulu dengan air jeruk nipis sebelum diolah. Lakukan perendaman ini selama kurang lebih dua jam. Jika Anda tidak terburu-buru memasaknya, lebih baik jika didiamkan seharian.

Selain merendam daging bebek dalam air jeruk nipis, cara lain yang memengaruhi rasa adalah usia bebek yang dagingnya diambil. Semakin tua seekor bebek, maka dagingnya akan semakin alot dan lebih amis. Jadi, kalau hendak memasak daging bebek, selain bumbu, usia bebek juga harus diperhatikan karena akan memengaruhi empuk atau tidaknya daging.

Daging bebek memiliki serat yang lebih kasar serta daging yang lebih basah dibandingkan daging ayam. Jadi, untuk mengolah bebek memang diperlukan pengetahuan tentang tekstur dagingnya. Kalau tidak, akan sulit mendapatkan rasa yang benar-benar enak.

Sejatinya berbagai menu berbahan dasar daging bebek bisa dibuat, misalnya bebek goreng madura yang terkenal, bebek panggang yang cocok dikonsumsi bersama lalapan, rendang bebek yang semakin mantap dikonsumsi dengan nasi hangat yang masih mengepulkan asap, atau bebek peking panggang yang disajikan dengan mengirisnya tipis.

Ada juga bebek rica-rica dan bebek goreng penyet bagi penyuka rasa yang lebih pedas. Khusus untuk menu rendang daging bebek, diperlukan kecermatan dalam memilih bahan mentahnya. Sebab, proses pembuatan rendang ini cukup lama.

Yang perlu diketahui, jika usia bebek kemudaan, dagingnya akan cepat hancur. Tipsnya, jangan sering-sering mengaduk rendang yang sedang dimasak. Cukup sekali-kali saja agar tidak lengket. Selamat mencoba! (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Daging

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Jangan Biarkan Kulit Dehidrasi Selama Puasa
Kekurangan air dan nutrisi bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering dan kusam selama sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, kulit tetap harus mendapat perhatian.

Celebrity

Wali: Israel Itu Zalim!
Band Wali tampaknya tidak main-main dalam memberikan dukungan bagi warga Palestina yang tengah dizalimi oleh Israel.

Travel

Proses Mumifikasi oleh Suku Angga
Selama berabad-abad, suku Angga yang ada di Papua Nugini telah berlatih teknik mumifikasi yang cukup unik. Setelah merokok, mumi tidak dimakamkan di kuburan atau makam, melainkan ditempatkan di tebing curam.