Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Makanan Wajib Disajikan saat Imlek

Johan Sompotan - Okezone
Senin, 4 Februari 2013 06:05 wib
detail berita
Makanan imlek (Foto:anakjajan)
TAHUN baru China atau lebih dikenal dengan Imlek tak lama lagi akan tiba. Anda pun akan disibukkan guna menghias rumah serta mengolah masakan.  Memasak merupakan bagian penting dari perayaan.
 
Saat Imlek, tentunya sebagian besar waktu akan dihabiskan mengunjungi anggota keluarga, teman atau kolega untuk memperbaharui persahabatan lama atau menjalin hubungan baru.
 
Dengan membuat makanan dalam merayakan imlek merupakan bagian terpenting bagi mereka yang merayakan. Berikut ini ada beberapa makanan wajib disajikan saat imlek, seperti dilansir Ehow, Senin (4/2/2013) berikut ini:
 
Hidangan sehat
Sertakan di meja makanan Anda, yaitu berbagai sayuran sehat seperti kacang polong, kubis Cina, kacang panjang dan bok chhoy dalam makanan Imlek. Tumis bahan dalam wajan dengan memakai sedikit minyak zaitun dan menambahkan irisan jahe atau bawang putih untuk bumbu tambahannya
 
Daging
Menyajikan hidangan daging merupakan bagian dari menu tahun baru Cina. Cobalah untuk menghindari daging berminyak misalkan daging bebek atau babi. Ada baiknya menggunakan daging putih tanpa lemak untuk membantu mengurangi asupan kolesterol sehingga penyakit jantung jadi berkurang.
 
Hidangan daging populer yang biasa disajikan yaitu daging ayam kukus yang disajikan dengan jahe serta saus bawang. Biasanya, daging ini akan dimasak secara lambat dalam ukuran panci besar, karena ayam yang dipakai adalah ayam utuh.
 
Untuk sausnya, gunakan jahe dan bawang yang sudah dicincang halus, lalu campurkan bawang besar dan beberapa siung bawang putih dan daun bawang di dalam mangkuk. Berikan beberapa sendok makan minyak zaitun.
 
Seafood
Sertakan pula hidangan seafood dari bagian makan malam imlek. Pilihlah seafood yang masih segar di supermarket. Udang, ikan dan kepiting bisa jadi pilihan, bahkan menjadi favorit saat imlek.
 
Untuk olahannya, bisa disajikan dengan cara diuap atau ditumis yang kemudian disajikan ke dalam piring. Sementara itu, buat udang dan kepitingnya bisa dikukus dengan memakai jahe serta diberi saus tomat untuk udangnya.
 
Jenis seafood lain, seperti ikan juga bisa dikukus atau dipanggang, karena ini merupakan pilihan rendah kalori dalam menyajikan menu imlek.
 
Buah
Buah bisa disajikan sebagai makanan penutup. Sajikan jeruk, bisa disajikan apa adanya saja atau diberi pada sajian salad sehingga mendapatkan dessert yang sehat. Gunakan pula buah-buahan dari Asia, seperti manggis, mangga, leci, kelengkeng. (fmh) (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Imlek

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 

Lifestyle

Moms, Begini Kenali Phedopelia yang Incar Anak-Anak

Phedopelia merupakan penjahat kelamin yang memangsa anak-anak di bawah umur. Anda sebagai orangtua harus berhati-hati dan mengenali tanda-tanda pelaku. Seperti apa?

Celebrity

Camel Petir Stres Terancam Gagal Jadi Anggota DPR
Hasil hitung cepat menempatkan partai yang mengusung Camel Petir berada di urutan buncit. Sebagai juru kampanye partai tersebut, Camel pun mengakui jika dirinya stres dengan perolehan angka yang di luar prediksi.

Travel

Raih 100 Juta Pengunduh, TripAdvisor Aplikasi Perjalanan Terpopuler
TripAdvisor mengumumkan pencapaian 100 juta pengunduh aplikasi gratis pada perangkat iPhone dan Android. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat angka pencapaian tahun lalu, bahkan enam kali lipat dari tahun 2011.