Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Panggang Daging, Jangan Beri Merica di Awal!

Dewi Yanti - Okezone
Selasa, 5 Februari 2013 13:13 wib
detail berita
(Foto:Sheknows)
DAGING yang Anda panggang tidak sempurna sesuai keinginan? Mungkin ada yang salah dengan cara Anda mempersiapkan hingga memanggangnya.

Berikut beberapa kesalahan yang biasa dilakukan dalam memanggang daging sehingga rasanya tidal lezat, juicy, dan beraroma, seperti diulas Thedailymeal:

Menggunakan daging beku
Ketika akan memanggang, suhu daging harus selalu sama dengan suhu ruangan. Jika daging masih dalam keadaan beku, maka bagian luar daging akan matang lebih cepat dibandingkan bagian dalamnya, khususnya jika Anda memanggang daging berukuran besar dan tebal.

Garam tidak tepat
Salah satu kesalahan dalam memanggang daging adalah menggunakan garam yang salah. Untuk memanggang daging berukuran kecil, gunakan garam yang berbulir halus karena lebih mudah lumer dan cepat diserap daging. Sementara, untuk daging panggang berukuran lebih besar, seperti prime rib, gunakan garam batu atau garam kasar agar kerenyahan bagian luar daging tetap bagus.

Langsung gunakan merica
Di awal persiapan membuat daging panggang, jangan langsung gunakan merica. Merica memiliki kecendrungan mudah terbakar pada suhu tinggi sehingga menyebabkan rasa pahit pada daging.

Pakai minyak murni
Untuk memanggang, sebaiknya gunakan minyak kanola karena memiliki titik asap lebih tinggi. Minyak lain yang sama baiknya yaitu safflower atau minyak biji anggur, bukan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki titik asap rendah sehingga daging yang Anda panggang tidak akan memiliki tekstur lezat yang diharapkan.

Mendiamkan daging
Jika Anda ingin daging dengan kematangan medium, maka panggang dengan kematangan rare lalu angkat dan diamkan selama 10 menit. Daging masih akan terus masak selama didiamkan dan akhirnya akan matang pada tingkat medium-rare. Intinya, Anda sebaiknya memanggang daging dengan kematangan satu tingkat dari yang diinginkan.

Mendiamkan daging untuk sementara sebelum diiris juga akan membuatnya terasa lebih juicy karena cairan jus di dalamnya akan menyebar ke bagian daging. Asalkan, selama memanggang daging tidak ditusuk dengan benda tajam, seperti pisau atau garpu.

Terlalu banyak rasa
Daging panggang lebih lezat, cukup gunakan bumbu sederhana, seperti mentega dan bawang putih sebagai sentuhan akhir. Rasa alami daging tetap terasa dan tidak kalah lezat dengan yang diolah menggunakan beragam bumbu. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Daging

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Penampilan Baru Marshanda Bentuk Ekspresi Diri
Setiap orang punya cara tersendiri dalam mengekspresikan diri. Contohnya Marshanda, yang memilih melepas jilbab untuk mengekspresikan apa yang dialaminya saat ini.

Celebrity

Gisel Hamil, Gading Marten Jadi Banyak Berdoa
Gisella Anastasia (Gisel) sudah dua bulan mengandung anak Gading Marten. Menurut Roy Marten, anaknya, Gading, sering melakukan tiga hal rutin selama istri hamil muda. Salah satunya, berdoa.

Travel

Uniknya Tongkat Permen Raksasa di Paris
Paris menjadi surganya gedung-gedung arsitektur seni modern indah dipandang. Salah satunya menara unik bak pelangi dijuluki Cheminee Moretti.