Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Agar Potongan Apel Tak Berubah Kecoklatan

Dewi Yanti - Okezone
Rabu, 6 Februari 2013 11:40 wib
detail berita
(Foto:Thefrugalhomemaker)
KEBANYAKAN kita lebih menyukai makan apel setelah diiris atau dipotong-potong kecil. Masalah yang sering muncul adalah apel berwarna kecoklatan saat Anda membiarkannya terlalu lama.

Ada proses oksidasi ketika Anda membiarkan apel potong berada dalam ruangan terbuka. Meskipun hanya terdapat sedikit atau bahkan tidak ada perbedaan rasa, tampilan yang memburuk tentu terlihat tidak menarik. Berikut yang bisa Anda lakukan untuk mencegah apel berubah warna, seperti diulas Grumpyhungry:

Rendam dalam air garam
Irisan apel yang direndam dalam mangkuk berisi air garam dingin selam 3-5 menit tak akan berubah warna menjadi coklat. Takaran perbandingan garam tidak boleh lebih dari ½ sdt per 4 gelas air karena dapat mempengaruhi rasa apel.

Rendam dalam air lemon
Cara lain untuk mencegah irisan apel berwarna coklat adalah dengan merendamnya dalam mangkuk berisi air perasan jeruk lemon selama 3-5 menit. Takarannya, 1 sendok makan air perasan jeruk lemon untuk setiap satu cangkir air.

Rendam dalam soda
Irisan apel berubah warna coklat dapat dicegah dengan merendamnya dalam minuman soda berkarbonasi selama beberapa menit. Selesai perendaman, buang air dan simpan potongan-potongan apel ke dalam kantong plastik. Sebaiknya udara dalam kantong plastik dikeluarkan semaksimal mungkin sebelum disimpan. Dengan cara ini, apel akan tetap segar dan tidak berubah warna selama beberapa waktu. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Buah

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Bersolek, Istri Ahok Cuma Butuh 15 Menit
Sebagian besar perempuan menghabiskan waktu berjam-jam di depan cermin dan menyulap wajahnya menjadi cantik. Bagi istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama, cukup membutuhkan waktu 15 menit untuk tampil cantik.

Celebrity

Minta Kepastian, Keluarga Vina Panduwinata Terbang ke Belanda
Adik Vina Panduwinata, Jani Panduwinata terbang ke Amsterdam, Belanda untuk memastikan kelanjutan dari meninggalnya dua putranya, Sakha Shaka Tamaputra Panduwinata (21) dan Miguel Gyasi Panduwinata (13) yang menjadi korban jatuhnya Malaysia Airlines MH17.

Travel

Virgin Atlantic di Area Sama saat Jatuhnya MH17
Bukan hanya MH17 saja yang ternyata melintas di wilayah udara Ukraina. Namun, beberapa maskapai lain dikabarkan melintas di daerah yang sama, seperti Virgin Atlantic.