Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Agar Potongan Apel Tak Berubah Kecoklatan

Dewi Yanti - Okezone
Rabu, 6 Februari 2013 11:40 wib
detail berita
(Foto:Thefrugalhomemaker)
KEBANYAKAN kita lebih menyukai makan apel setelah diiris atau dipotong-potong kecil. Masalah yang sering muncul adalah apel berwarna kecoklatan saat Anda membiarkannya terlalu lama.

Ada proses oksidasi ketika Anda membiarkan apel potong berada dalam ruangan terbuka. Meskipun hanya terdapat sedikit atau bahkan tidak ada perbedaan rasa, tampilan yang memburuk tentu terlihat tidak menarik. Berikut yang bisa Anda lakukan untuk mencegah apel berubah warna, seperti diulas Grumpyhungry:

Rendam dalam air garam
Irisan apel yang direndam dalam mangkuk berisi air garam dingin selam 3-5 menit tak akan berubah warna menjadi coklat. Takaran perbandingan garam tidak boleh lebih dari ½ sdt per 4 gelas air karena dapat mempengaruhi rasa apel.

Rendam dalam air lemon
Cara lain untuk mencegah irisan apel berwarna coklat adalah dengan merendamnya dalam mangkuk berisi air perasan jeruk lemon selama 3-5 menit. Takarannya, 1 sendok makan air perasan jeruk lemon untuk setiap satu cangkir air.

Rendam dalam soda
Irisan apel berubah warna coklat dapat dicegah dengan merendamnya dalam minuman soda berkarbonasi selama beberapa menit. Selesai perendaman, buang air dan simpan potongan-potongan apel ke dalam kantong plastik. Sebaiknya udara dalam kantong plastik dikeluarkan semaksimal mungkin sebelum disimpan. Dengan cara ini, apel akan tetap segar dan tidak berubah warna selama beberapa waktu. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Buah

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Jilbab Simpel Mudahkan Aktivitas saat Lebaran
Desainer yang pernah menggauni kontestan Miss World 2013 asal Sudan Selatan, Ayudyah, memberikan arahan tentang padanan berbusana Lebaran.

Celebrity

Umi Tatu Menangis Dua Tahun Lebaran Tanpa Uje
Dua tahun lebaran tanpa almarhum Usatdz Jeffry Albuchary, tentu saja meninggalkan kenangan pilu bagi keluarga. Ibunda Uje, Umi Tatu pun hanya bisa menangis teringat anaknya.

Travel

Surya Saputra Ajak Istri ke Kaliurang
Setelah melalukan perjalanan singkat ke Nusa Lembongan, pasangan ini memutuskan untuk melakukan pelesiran ke Kaliurang. Apa pasal?