Topik » Makan Yuk more...
Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Rahasia Membuat Bakpao Enak

Genie - Genie
Minggu, 17 Februari 2013 08:05 wib
detail berita
Bakpao (Foto:warungsurgawi)
BAKPAO menjadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi sebagai pengganti roti. Makanan khas China ini memang digemari sejak lama berkat kelembutan serta ragam isiannya.

Anda mungkin bisa membedakan bakpao enak, namun pernahkah mengetahui bahan dan proses pembuatannya? Berikut beberapa hal seputar bahan dan proses pembuatan bakpao:

Tepung

Untuk membuat bakpao, tepung yang digunakan bisa bervariasi. Yang umum adalah tepung terigu protein sedang. Bisa juga tepung terigu protein rendah agar lebih ringan dan empuk, bahkan kadang dicampurkan tang mien (tepung kanji) agar ada rasa legit saat adonan digigit.

Warna putih dari bakpao yang dibuat dengan tepung terigu "biasa" akan kurang cerah. Supaya bakpao berwarna putih terang, gunakan pemutih (bleach) atau ganti tepung terigu dengan tepung hong kong khusus untuk bakpao.

Tepung hong kong

Untuk membuat bakpao dengan warna yang putih sekali, para chef dimsum menggunakan tepung hong kong (water flour). Di pasaran, Anda juga bisa menemukan adonan bakpao siap pakai dari Malaysia. Ikuti cara membuatnya sesuai petunjuk yang diberikan.

Pengembang

Ragi instan merupakan bahan pengembang utama untuk adonan bakpao. Untuk membantu proses pengembangan, tambahkan baking powder.

Ingin lebih gampang? Gunakan pengembang khusus untuk bakpao dalam bentuk do siap pakai yang banyak dijual di supermarket. Pengembang seperti ini sudah diberi ragi instan, bread improver, dan kadang-kadang pemutih.

Mengukus

Mengukus bakpao sebaiknya dilakukan sekaligus. Jika menunggu terlalu lama, bakpao akan mengempis. Oleh karena itu, siapkan dandang bersusun yang bisa memuat banyak bakpao sekali kukus. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Kue

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Celebrity

Norman Kamaru Akui Pernah Kabur dari Kepolisian
Norman Kamaru mengakui sempat ada masalah sebelum dirinya resmi dipecat dari kepolisian. Norman yang saat itu sedang sibuk menjadi artis dianggap tidak mengerjakan tugas sebagai anggota polisi.