Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Bawang Merah & Bawang Putih Mahal, Ini Penggantinya!

Dewi Yanti - Okezone
Rabu, 13 Maret 2013 15:38 wib
detail berita
(Foto:123rf)
KENAIKAN harga bawang merah dan bawang putih cukup meresahkan para ibu rumah tangga. Pasalnya, kedua bumbu tersebut menjadi dasar untuk kebanyakan masakan Indonesia, karenanya Anda perlu siasat cerdas.

“Kedua bumbu itu enggak ada penggantinya yang pas karena rasa dan aromanya khas. Jika bawang dan bawang putih dihilangkan, maka rasa makanan akan cemplang (hambar-red),” kata Chef Nugraha Ali, Sekjen Association of Culinary Professional (ACP) Indonesia, saat dihubungi Okezone, Rabu (13/3/2013).

Lanjutnya, pengurangan jumlah bawang dari 5 butir bawang merah atau putih menjadi 3 butir, misalnya, sebenarnya masih dalam takaran wajar. Rasa dan aroma bawang masih bisa Anda dapatkan pada masakan.

Sementara, menurutnya, penggunaan penyedap rasa tidak begitu berpengaruh pada rasa dan aroma masakan. Meskipun penyedap rasa dibuat dari bawang merah dan bawan putih, Anda hanya akan mendapatkan sedikit rasa ‘kencang’, seperti pedas dari bawang merah dan pedas-pahit dari bawang putih. Sama halnya dengan bawang goreng yang tidak bisa menggantikan fungsi bawang merah.

“Aroma bawang goreng kan beda. Fungsinya sudah berubah, paling hanya untuk memberikan aroma bawang pada masakan, tapi untuk rasa enggak akan bisa sekuat bawang merah atau putih,” tambahnya.

Jika Anda ingin menambah rasa pedas bawang merah, penggantinya yang paling pas adalah daun bawang dan bawang bombay. Hanya saja rasa kedua bahan lebih ringan, jadi ada baiknya tidak diganti sepenuhnya. Sementara untuk bawang putih, Anda bisa menggantinya dengan bawang putih bubuk, hanya saja aroma dan rasanya tidak sekuat jika Anda menggunakan yang segar.

“Untuk takaran penggunaan daun bawang atau bawang bombay itu sih tergantung selera, apakah ingin aroma dan rasanya lebih kuat,” tutupnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Bumbu Dapur

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Britney Spears Rilis Lingerie "Baik-Baik"

Setelah sukses meluncurkan berbagai jenis parfum, kali ini Britney Spears meluncurkan lingerie. Koleksi pakaian dalam Britney mencakup pakaian tidur dan loungewear

Celebrity

Dewan Pers: Nama Baik Ahmad Dhani Harus Dipulihkan
Ahmad Dhani kembali menyambangi kantor Dewan Pers terkait pencemaran nama baiknya oleh 17 media online yang memberitakan niat Bos RCM itu memotong kemaluan jika calon presiden pilihannya kalah.

Travel

Sebelum Jatuh, Wajah Penumpang MH17 Bahagia
Ada satu kenangan manis yang masih teringat oleh seorang petugas check-in Malaysia Airlines. Ia mengaku, melihat seluruh wajah penumpang dalam keadaan bahagia sebelum memasuki pesawat.