Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Hindari Penyedap Instan, Beragam Kaldu Ini Alternatifnya

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 30 Maret 2013 12:10 wib
detail berita
Kaldu ayam (Foto:lapar)
PENGGUNAAN kaldu sudah lazim di banyak menu, sebagai alternatif yang lebih sehat ketimbang penyedap rasa. Aroma menggoda dari bagian daging maupun tulang membuat masakan semakin nikmat.
 
Berikut beberapa macam kaldu yang bisa Anda buat di rumah:
 
Kaldu asli
Meski Anda membuat sup dalam jumlah banyak, air yang digunakan secukupnya saja agar gurih rasanya. Setelah daging empuk, maka baru tambahkan air sesuai keinginan. Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan daging atau ayam.
 
Daging atau ayam sebaiknya tidak dipotong-potong agar warna kaldu jadi jernih. Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu ke dalam air rebusan, kecuali garam. Garam dimasukkan setelah daging empuk.
 
Saat merebus, gunakan api kecil. Memang, daging atau ayam akan lama matangnya, tapi cara merebus yang lama akan menghasilkan kaldu lebih gurih. Usahakan merebus dengan panci besar dan ditutup agar air tidak meluap keluar.
 
Kaldu dari tulang
Kaldu dari tulang-tulang, seperti ayam atau daging, bukan cuma bisa dibuat sup, tapi bisa juga diolah menjadi kaldu. Karena itu, baik sekali bila Anda selalu memiliki perbendaharaan kaldu tulang di freezer Anda. Selain sup, kaldu tulang bisa dibuat capcay, aneka tumisan, atau mi rebus.
 
Cara membuatnya, kumpulkan sebanyak mungkin tulang ayam atau sapi. Bubuhi dengan daun bawang, seledri, wortel, bawang bombay, cengkeh, atau rempah lainnya yang kebetulan Anda miliki. Rebus di atas api sangat kecil dalam keadaan tertutup. Perhatikan kaldu saat mendidih, air tak boleh meletup-letup.
 
Jika meletup, maka api harus dikecilkan. Bila kaldu yang Anda buat dari tulang ayam, rebusan kaldu ditambahkan bumbu dan rempah-rempah. Tambahkan pula beberapa potong ampela, dengan begitu kaldu akan terasa gurih dan harum.
 
Namun, jangan sekali-kali menambahkan ati ayam karena bisa membuat kaldu jadi berbau dan berwarna kusam. Selain dari tulang, lemak-lemak dan urat-urat daging yang biasanya kita buang juga bisa dibuat menjadi kaldu. Caranya tak jauh berbeda. Tentu jumlah air yang digunakan tidak banyak karena jumlah urat-urat daging biasanya tak banyak.
 
Kaldu kulit udang
Kulit udang pun bisa Anda rebus menjadi kaldu.
Agar tak terasa amis, berikan beberapa bumbu seperti irisan jahe, daun bawang, dan seledri. Hasilnya bisa digunakan untuk membuat capcay, sup ikan, soto udang atau tekwan.
 
Karena pembuatannya cukup repot dan lama, ada baiknya Anda membuat dalam jumlah yang banyak sekali. Kaldu seperti ini bisa bertahan tiga bulan dalam freezer. Cara penyimpanannya, bungkus kaldu yang sudah dingin dalam kantung es mambo lalu masukkan dalam freezer, setiap diperlukan, Anda bisa mengambil satu atau beberapa bungkus.
 
Lauk-pauk lain
Dari kaldu tadi, Anda bisa membuat bermacam-macam sup, dari sup bening sampai sup krim. Aneka sayuran maupun kacang-kacangan bisa dimasukkan, dengan demikian irisan daging atau ayamnya juga bisa dimasukkan. Perhatikan bila dalam membuat sup dari kaldu tulang, selain sup, Anda tetap harus menyediakan lauk-pauk lain. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Daging

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Celebrity

Buka Kelas Akting, Yeyen Lidya Latih Murid Melawan Malu
Selain menjadi presenter dan komedian, aktris seksi Yeyen Lidya mempunyai kegiatan lain yang tak jauh-jauh dari dunia entertain. Bakat dan talentanya sebagai aktris ditularkannya kepada murid lewat sebuah kelas yang sudah lama dia buka.