Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Cara Mudah Singkirkan Pestisida pada Buah & Sayuran

Dewi Yanti - Okezone
Selasa, 23 April 2013 07:38 wib
detail berita
(Foto:Wikihow)
ANDA tidak pernah tahu jenis pestisida yang digunakan, serangga, atau kotoran yang mungkin tersembunyi pada permukaan buah-buahan dan sayuran. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mencucinya dengan bersih.

Mencuci dengan air biasa dapat menghilangkan banyak kotoran. Namun, menambahkan beberapa bahan alami yang bersifat asam, seperti lemon dan cuka, dapat meningkatkan kebersihan buah dan sayuran.

Berikut langkah mudah membersihkan buah dan sayur secara organik dan murah, seperti diulas Wikihow:

Siapkan lemon organik

Jika tidak terdapat lemon organik, Anda dapat juga menggunakan lemon biasa, dengan harga yang sedikit lebih murah. Ini berarti Anda mencuci secara "alami" bukan, “organik”. Jangan khawatir, kedua jenis lemon ini sama baiknya untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan.

Iris lemon menjadi dua. Ambil satu sendok makan air perasan lemon dan masukkan ke dalam botol semprot. Air perasan lemon merupakan desinfektan alami yang akan menghilangkan bau tidak sedap pada buah-buahan dan sayuran.

Cuka memperkuat fungsi disinfektan

Tuangkan 2 sendok makan cuka ke dalam botol semprot bersama satu cangkir air. Cuka akan menambah kekuatan disinfektan pada larutan. Tutup botol semprotan lalu kocok hingga bercampur rata.

Semprotkan pada buah dan sayuran

Semprotkan larutan pembersih pada semua buah-buahan dan sayuran sebelum digunakan. Setelah disemprot, bilas hingga bersih. Buah-buahan dan sayuran kini siap dimakan atau digunakan sebagai bahan masakan. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Buah

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Bersolek, Istri Ahok Cuma Butuh 15 Menit
Sebagian besar perempuan menghabiskan waktu berjam-jam di depan cermin dan menyulap wajahnya menjadi cantik. Bagi istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama, cukup membutuhkan waktu 15 menit untuk tampil cantik.

Celebrity

Ben Tak Tahu Orang yang Pengaruhi Marshanda Buka Jilbab
Sejak memutuskan untuk bercerai dengan Ben Kasyafani, Marshanda tampak berubah. Ia terlihat sudah melepas jilbabnya. Namun, suami Marshanda, Ben Kasyafani mengaku tak tahu siapa orang yang memengaruhi istrinya itu.

Travel

Virgin Atlantic di Area Sama saat Jatuhnya MH17
Bukan hanya MH17 saja yang ternyata melintas di wilayah udara Ukraina. Namun, beberapa maskapai lain dikabarkan melintas di daerah yang sama, seperti Virgin Atlantic.