Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Cara Mudah Singkirkan Pestisida pada Buah & Sayuran

Dewi Yanti - Okezone
Selasa, 23 April 2013 07:38 wib
detail berita
(Foto:Wikihow)
ANDA tidak pernah tahu jenis pestisida yang digunakan, serangga, atau kotoran yang mungkin tersembunyi pada permukaan buah-buahan dan sayuran. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mencucinya dengan bersih.

Mencuci dengan air biasa dapat menghilangkan banyak kotoran. Namun, menambahkan beberapa bahan alami yang bersifat asam, seperti lemon dan cuka, dapat meningkatkan kebersihan buah dan sayuran.

Berikut langkah mudah membersihkan buah dan sayur secara organik dan murah, seperti diulas Wikihow:

Siapkan lemon organik

Jika tidak terdapat lemon organik, Anda dapat juga menggunakan lemon biasa, dengan harga yang sedikit lebih murah. Ini berarti Anda mencuci secara "alami" bukan, “organik”. Jangan khawatir, kedua jenis lemon ini sama baiknya untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan.

Iris lemon menjadi dua. Ambil satu sendok makan air perasan lemon dan masukkan ke dalam botol semprot. Air perasan lemon merupakan desinfektan alami yang akan menghilangkan bau tidak sedap pada buah-buahan dan sayuran.

Cuka memperkuat fungsi disinfektan

Tuangkan 2 sendok makan cuka ke dalam botol semprot bersama satu cangkir air. Cuka akan menambah kekuatan disinfektan pada larutan. Tutup botol semprotan lalu kocok hingga bercampur rata.

Semprotkan pada buah dan sayuran

Semprotkan larutan pembersih pada semua buah-buahan dan sayuran sebelum digunakan. Setelah disemprot, bilas hingga bersih. Buah-buahan dan sayuran kini siap dimakan atau digunakan sebagai bahan masakan. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Buah

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Celebrity

Sering Bergonta-ganti Pasangan, Nia Takut "Layani" Farhat
Lewat kuasa hukumnya, Nia Daniati mengaku sudah tujuh tahun tidak memberikan Farhat Abbas hak biologisnya. Namun, Nia memiliki alasan mengapa tidak melakukannya.

Travel

Tiga Negara Masih Idaman Wisatawan Indonesia
Masyarakat Indonesia dikenal hobi pelesiran ke luar negeri. Dari sekian banyak pilihan destinasi, hanya tiga negara yang masih menjadi tujuan idaman.