Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

10 Cara Manfaatkan Air untuk Kebutuhan Masak (1)

Dewi Yanti - Okezone
Sabtu, 18 Mei 2013 10:10 wib
detail berita
(Foto:Bonappetit)
KEBUTUHAN manusia terhadap air sangat besar. Sehari setiap orang memerlukan air minimal delapan gelas. Selain untuk minum, ada beberapa cara terbaik menggunakan air di dapur.

Berikut ulasan dari Bonappettit mengenai 10 cara memanfaatkan air keran:

Merebus dan membuat saus pasta
Untuk membuat pasta al dente yang sempurna, panaskan panci dengan api besar. Ketika muncul banyak gelembung besar di permukaan air, itu berarti air sudah mendidih dan siap digunakan untuk memasak pasta. Masaklah pasta sesuai petunjuk pada kemasan, dan Anda dapat menggunakan seperlunya sisa air rebusan pasta untuk membuat saus lezat.

Membuat es
Ambil cetakan es batu dan isi setiap celah dengan air sampai hampir penuh. Jangan isi cetakan terlalu penuh sehingga sulit dikeluarkan nantinya. Letakkan cetakan es batu di freezer sekira 2 jam, atau sampai es beku. Es batu dalam cetakan sering digunakan untuk mendinginkan minuman.

Menyuburkan bumbu herbal
Herbal termasuk tanaman yang membutuhkan air untuk tumbuh sehat dan dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Kebanyakan tukang kebun menyiram herbal di pagi hari sehingga bisa kering di bawah sinar matahari pada siang harinya. Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan menyiramkan air, jangan samakan dengan manusia yang harus minum delapan gelas sehari.

Masukkan dalam botol minum dan bawa kemana pun
Minum air dimana pun adalah cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan H2O Anda. Jika leher botol sempit, gunakan corong untuk memudahkan Anda menuangkan air ke dalam botol.

Merebus telur
Selain langsung disantap, telur rebus sering dimanfaatkan sebagai topping beberapa sajian, seperti soto, atau sebagai pelengkap untuk mi goreng atau nasi goreng. Merebus telur tentunya menggunakan air, entah direbus dengan cangkang ataupun tanpa cangkang. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Masak

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Diomeli Ibunda, Julie Estelle Kapok Gelapkan Kulit
Setelah sempat tertarik memiliki kulit coklat, Julie Estelle akhirnya kapok tanning. Selain tidak pernah berhasil memiliki kulit esotis, Julie menganggap tanning berbahaya untuk kulit.

Celebrity

Nia Daniati Tak Sudi Farhat Ajak Regina Lebaran ke Rumahnya
Bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk menghapus segala salah dan khilaf. Puncaknya saat Idul Fitri seluruh umat muslim saling mengucapkan dan memohon maaf.

Travel

Tiga Barang Peserta The Extreme Journey 2014 Disita!
Memasuki babak seri Asia, peserta The Extreme Journey 2014 kian dipersulit. Bahkan, barang milik peserta seperti dompet, uang serta atm disita. Wow!