Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

10 Cara Manfaatkan Air untuk Kebutuhan Masak (2-Habis)

Dewi Yanti - Okezone
Sabtu, 18 Mei 2013 14:07 wib
detail berita
(Foto:Bonappetit)
AIR tidak ada habisnya dalam memenuhi kebutuhan manusia. Dari hal bersih-bersih, asupan cairan dalam tubuh, ataupun memasak, manusia selalu menggunakan air.

Berikut kegunaan air untuk kebutuhan dapur, seperti diulas Bonappetit:

Membuat teh
Teh terbuat dari hampir 100 persen air. Gunakan teh tubruk ataupun teh celup favorit Anda. Rebus air dengan teko teh atau gunakan panci jika tidak memiliki teko listrik. Masukkan teh ke dalam air hangat dan rendam selama beberapa menit lalu keluarkan kantung teh atau saring teh. Minum selagi hangat.

Mengukus apapun
Makanan kukus, seperti ikan dan sayuran, sangat sehat karena Anda tidak perlu menggunakan minyak. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah ke dalam air untuk menambah rasa sebelum Anda mengukus.

Cuci buah dan sayuran
Meskipun Anda menggunakan buah-buahan dan sayuran organik, tetap perlu dicuci dengan baik untuk menyingkirkan kotoran. Pastikan mencuci dengan air dingin karena air panas bisa membuat buah-buahan dan sayuran layu atau melunak.

Memasak nasi
sebagian orang menggunakan kaldu untuk membuat nasi. Namun jika Anda ingin rasa alami, maka gunakan air murni tanpa perasa untuk membuat nasi.

Lembapkan kembali makanan kering
Beberapa sayuran kering, seperti kacang atau jamur kering, bisa dilembapkan kembali dengan air. Caranya, rendam selama semalaman atau rebus dalam air mendidih. Untuk jamur kering, tuangkan air mendidih di atasnya untuk membuat jamur kembali bervolume.
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Masak

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Gelas Sampanye Ini Berbentuk Payudara Kiri Kate Moss

Sebuah merek sampanye, yang sangat menggemari supermodel Kate Moss, telah berkolaborasi dengan perajin gelas. Mereka membuat gelas berbentuk payudara kiri Kate Moss. 

Celebrity

Balik ke Indonesia, Jessica Belum Cerita soal Suami Bule & Anaknya
Jessica Iskandar telah kembali ke Indonesia setelah menetap di Amerika Serikat bersama suaminya, Ludwig Franz. Setibanya di Tanah Air, Jessica langsung mmengisi program acara Pesbukers yang menjadi rutinitasnya sebelum menikah dengan pria bule tersebut.