Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Tips Masak Ayam Goreng Renyah Rendah Kalori

Fitri Yulianti - Okezone
Rabu, 12 Juni 2013 14:40 wib
detail berita
(Foto: eatingwell)
SI kecil menyukai ayam goreng renyah di restoran cepat saji? Sayang, di waktu bersamaan Anda cukup was-was lantaran makanan tersebut tinggi kalori dan lemak.

Tenang, ada beberapa cara untuk membuat ayam goreng renyah lebih sehat. Berikut ini, seperti diulas Eatingwell:

Buang kulitnya
Bukankah kulit ayam yang membuat ayam goreng bisa renyah? Jawabannya tidak, kecuali jika Anda menggorengnya. Yang menjadikan ayam goreng bisa renyah adalah lapisannya, yang biasanya dibuat dari tepung dan bumbu-bumbu.

Jadi, Anda bisa menyingkirkan kulit ayam tanpa kehilangan rasanya. Dan, tentu saja Anda akan mengurangi asupan kalori. Ayam goreng tepung dari restoran cepat saji mengandung 7 gram lemak jenuh, tapi tanpa kulit hanya 2 gram lemak jenuh.

Bumbui ayam
Bumbui ayam dengan mentega susu (buttermilk) untuk menghasilkan rasa gurih yang pas, selain mendapatkan manfaat kesehatannya. Mentega susu mampu memecah protein pada daging, membuat daging lebih lembut saat dimasak.

Ada baiknya tambahkan juga dengan bumbu, seperti bawang putih dan cabe bubuk untuk rasa lebih kuat. Anda cukup merendam ayam dalam bumbu sebentar saja (sekira 30 menit) atau hingga 8 jam jika ukurannya cukup besar. Umumnya, semakin lama direndam bumbu maka rasanya lebih enak. Namun, pastikan tidak terlalu lama untuk menjaga teksturnya tetap bagus.

Semprotkan dengan cooking spray
Daripada merendam daging ayam dalam minyak panas, Anda punya alternatif untuk membuat ayam terlihat menggoda selera. Semprotkan cooking spray sebelum memasaknnya dengan oven (lihat poin tips berikutnya).

Cooking spray baik untuk melapisi daging ayam tanpa menambahkan banyak kalori. Dan, cooking spray membantu menjaga lapisan tepung pada ayam. Jadi, Anda tidak perlu sering menyiramkan minyak panas ke atasnya. Fungsi lain mencegah ayam lengket menempel pada wajan.

Lebih baik dipanggang
Membuat ayam goreng tanpa deep-frying (menggoreng dalam banyak minyak)? Ya, tidak mustahil bahkan hasilnya lebih sehat. Untuk hasil lebih sehat, ayam lebih baik dipanggang daripada digoreng. Selama memanggang, tiriskan selalu air yang keluar dari daging ayam.

Panaskan oven sampai suhu 220 derajat Celsius. Oven yang dipersiapkan dengan suhu tepat memungkinkan ayam bisa renyah, proses memasak juga lebih cepat karena kapasitas oven lebih besar daripada wajan.

Jika menggunakan wajan atau digoreng, Anda harus menggunakan banyak minyak untuk mencapai hasil yang renyah. Bayangkan ratusan kalori yang akan menambah hidangan ini. Jadi sekarang, Anda perlu berinvestasi pada rak kawat seukuran loyang untuk stok 'menggoreng' ayam. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Daging

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Pakai Sport Bra, Rita Ora Pamer Perut Kencang
Gaya berbusana penyanyi Rita Ora, selalu mengundang perhatian. Seperti terlihat beberapa waktu yang lalu saat peluncuran parfum, ia kenakan busana serba metalik. Nah, kali ini penyanyi yang gemar pakai lipstik merah, terlihat tampil mengenakan setelan busana sporty.

Celebrity

Polisi Temukan 860 Miras di Tempat Karaoke Syahrini
Karena belum memiliki izin, Pemkot Tangerang beserta pihak kepolisian terpaksa menutup tempat karaoke milik Syahrini di Tangerang City Mall, Tangerang, pada Jumat kemarin.

Travel

Ikan Piranha Sebesar Manusia Hidup di Kongo
Sungai Kongo selalu membuat wisatawan penasaran dengan pesonanya. Nampaknya, di perairan sungai tersebut hidup monster ikan seberat 100 kilogram.