Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Menu Puasa untuk Anak-Anak ala Chef Juna

Johan Sompotan - Okezone
Selasa, 9 Juli 2013 20:13 wib
detail berita
Semangka, makanan buka puasa yang pas buat anak-anak (Foto:sodahead)
BULAN Ramadan telah tiba. Berpuasa tak hanya dijalani orang dewasa, anak-anak pun demikian. Ketahui menu pas untuk anak-anak saat belajar puasa.
 
Chef Juna mengatakan, selama berpuasa tubuh akan kekurangan cairan. Maka, usahakan mencari asupan makanan yang tinggi kadar air untuk mengembalikan cairan tubuh saat berbuka puasa.
 
"Berbuka puasa untuk anak-anak, jangan samakan dengan orang dewasa. Berikan asupan makanan yang memiliki kadar air tinggi, bisa berikan buah-buahan," katanya kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.
 
Baginya, ada beberapa buah yang sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak pada saat berpuasa, seperti nanas. Pemilik nama asli Juna Rorimpandey ini mengatakan, nanas memiliki kadar asam tinggi sehingga bisa merusak pencernaan.
 
"Berikan anak-anak buah-buahan yang memiliki karakter manis, misalnya melon, semangka, pepaya. Berikan pada saat berbuka dengan air putih," imbuhnya.
 
Chef Juna menyarankan, anak-anak yang berpuasa lebih baik tidak mengonsumsi minuman berkadar gula tinggi. "Gula memang bisa mengembalikan energi tubuh, tapi tidak berlaku pada anak-anak. Kasih mereka makanan bergizi, seperti buah-buahan maupun sayuran. Bila anak tetap ingin mengonsumsi makanan manis, ada baiknya berikan beberapa jam setelah makan buah-buahan," tegasnya.
 
Sebenarnya, makanan manis bisa diberikan pada anak-anak, dengan kadar manis yang diperhatikan. "Untuk berbuka puasa, Anda bisa berikan kolak, tapi cukup separuh porsi. Jangan terlalu banyak memberikan makanan manis pada anak," tutupnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Bersolek, Istri Ahok Cuma Butuh 15 Menit
Sebagian besar perempuan menghabiskan waktu berjam-jam di depan cermin dan menyulap wajahnya menjadi cantik. Bagi istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama, cukup membutuhkan waktu 15 menit untuk tampil cantik.

Celebrity

Minta Kepastian, Keluarga Vina Panduwinata Terbang ke Belanda
Adik Vina Panduwinata, Jani Panduwinata terbang ke Amsterdam, Belanda untuk memastikan kelanjutan dari meninggalnya dua putranya, Sakha Shaka Tamaputra Panduwinata (21) dan Miguel Gyasi Panduwinata (13) yang menjadi korban jatuhnya Malaysia Airlines MH17.

Travel

Toraja Kembangkan Wisata Kopi
Toraja dikenal sebagai penghasil kopi paling mantap di Indonesia. Pemerintah Toraja pun bakal memgembangkan agrowisata kebun kopi ikonik untuk wisatawan.