Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

Rangkaian Bunga dari Buah untuk Berbuka

Nugroho Setyabudi - Okezone
Jum'at, 12 Juli 2013 18:15 wib
detail berita
Bunga buah bernuansa Ramadan (Foto: Nugroho/Okezone)
SEMARANG - Rangkaian bunga, Anda pasti tidak akan heran melihatnya. Namun, sudahkah pernah melihat rangkaian bunga yang terbuat dari buah-buahan?

Seorang warga Semarang, Jawa Tengah, membuat rangkaian bunga dari berbagai jenis buah. Rangkaian buah berbentuk bunga ini mengangkat tema Ramadan, dan bisa menjadi santapan untuk berbuka. Selain segar, hidangan ini tentu juga sehat.

Arina Molitha (27), warga Jalan Kyai Saleh, Semarang, Jawa Tengah, disibukkan oleh pesanan makanan berbuka puasa. Rina, begitu ia biasa dipanggil, membuat makanan dari bahan dasar buah segar yang dirangkai sedemikian rupa.

Untuk memeriahkan momen Ramadan, Rina membuat tema rangkaiannya dengan nuansa Ramadan. Pernak-pernik Ramadan, seperti kubah masjid, onta, bulan, dan bintang menghiasi rangkaian bunga buahnya. Buah kurma juga ikut dipasang dalam rangkaian itu.

"Untuk bulan ini, kami membuat rangkaian bunga buah dengan nuansa Ramadan. Cetakan buahnya ada yang berbentuk onta, kubah masjid, bulan dan bintang. Dan, banyaknya permintaan penambahan kurma, maka sekarang kami tambahkan kurma dalam rangkaian yang kami buat," kata Rina di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/7/2013).

"Saat ini, kebanyakan pesanan bunga buah kami dipergunakan untuk kebutuhan berbuka puasa," tambahnya.

Dalam rangkaian bunga buah ini, banyak dijumpai bermacam buah, seperti, nanas, semangka, anggur, jeruk, dan sedikit sayuran, seperti brokoli serta selada, sebagai pemanis. Khusus saat ini, ditambahkan juga buah naga.

"Mungkin baru saya sendiri yang menyertakan kurma dan buah naga dalam rangkaian ini," yakin Rina.

Pembuatan bunga buah memakan waktu sekira satu jam, sudah termasuk membungkus buah dengan plastik. "Pembuatan rangkaian paling lama satu jam. Harus selesai dalam satu jam karena oksidasi buah cepat sekali. Suhu juga menyebabkan rangkaian ini harus segera dibungkus plastik, buah harus dalam kondisi ruang dengan suhu antara 6-8 derajat Celsius," tambahnya.

Rina mengaku, bunga buah hasil kreasinya ini dihargai antara Rp75 ribu hingga Rp300 ribu. Setiap harinya Rina selalu mendapatkan pesanan dari pelanggan. Pemesanan untuk Lebaran bahkan sudah diterimanya jauh-jauh hari. Dengan dibantu dua asistennya, Rina yakin dapat memenuhi pesanan yang sudah diterimanya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Ramadan

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Selfie dengan Rambut Diwarnai, Marshanda Tutupi Kesedihan

Setelah matang memutuskan untuk jadi orangtua single, rupanya mantan artis cilik Marshanda ingin kembali ke jati dirinya. Baru-baru ini, masyarakat dikejutkan dengan beredarnya foto ibu satu anak ini menanggalkan jilbabnya di akun instagramnya.

Celebrity

d'Masiv Ajak Fans Kumpulkan Dana untuk Palestina
Sebagai bentuk keprihatinannya terhadap masyarakat Gaza, Palestina, yang kini tengah menjadi sasaran serangan tentara Israel, band d'Masiv mengajak Masivers (sebutan fans d'Masiv) melakukan aksi sosial berbetuk sumbangan.

Travel

Proses Mumifikasi oleh Suku Angga
Selama berabad-abad, suku Angga yang ada di Papua Nugini telah berlatih teknik mumifikasi yang cukup unik. Setelah merokok, mumi tidak dimakamkan di kuburan atau makam, melainkan ditempatkan di tebing curam.