Getting Time...
OKEFOOD | Konsultasi Okefood

Sisca Soewitomo Bocorkan Cara Masak Opor Ayam Enak

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 17 Agustus 2013 12:05 wib
detail berita
Sebelum memberi santan dalam memasak opor ayam, ada baiknya biarkan daging ayam meresap lebih lama (Foto:royco)
HAI Chef, Saya Thalita (30), yang doyan makan opor ayam. Sayang, saya belum menemukan formula yang tepat untuk membuat opor lezat. Adakah tips membuat opor ayam lebih nikmat? Terima kasih atas jawabannya, Chef.

Thalita-Medan


Jawab:
Banyak yang mengira bila membuat opor itu mudah, nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam membuat opor ayam yang enak, tahapan pertama yang harus diperhatikan adalah perpaduan daging ayam dengan bumbu yang digunakan.

Usahakan dalam memasak opor, daging ayam harus sudah memiliki aroma dari bumbu yang dipakai. Jadi saat dimakan, aroma dan rasa daging ayam serta bumbu opornya akan terasa di lidah walaupun belum diberi santan.

Langkah pertama, potong ayam sesuai selera Anda. Semakin kecil potongan ayam, maka proses kematangan dan peresapan bumbu akan semakin terasa. Jangan terlalu besar dalam memotong daging ayamnya.

Kemudian, goreng daging ayam yang sudah dipotong. Daging ayam perlu digoreng agar tidak mudah hancur saat dimasak opor. Ayamnya tidak usah digoreng sampai matang, cukup kering di permukaan. Bila sudah, angkat dan tiriskan.

Tumis bumbu putih, terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan kemiri sangrai kemudian dihaluskan dengan blender. Lalu, masukkan dalam wajan, masak hingga kadar air menyusut.
Selanjutnya, bila bumbu putih sudah harum, tambahkan gula, merica, garam, dan sedikit air. Masak dan masukkan daging ayam. Bila sudah matang dan merata, angkat lalu taruh dalam plastik dan simpan dalam kulkas.

Mengapa harus disimpan terlebih dahulu? Proses penyimpanan daging ayam yang sudah dimasak akan membuat bumbu lebih meresap. Jika ingin diolah, masukkan daging ayam yang sudah disimpan tadi ke dalam wajan. Kasih minyak sedikit, tumis kembali daging ayam lalu berikan santan, aduk hingga merata. Angkat dan sajikan bersama nasi putih panas.


Sisca Soewitomo
Praktisi Kuliner Indonesia
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Daging

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Arti Tato Norman Kamaru
Semenjak lepas dari jabatan kepolisian sebagai anggota Brigadir Mobil (Brimob), Norman Kamaru memberanikan diri menato lengan kanan kirinya.

Travel

Buaya di Dubai Tuai Kontroversi
Dubai memberi pengalaman kepada wisatawan. Seperti atraksi si buaya ganas yang menjadi penghuni Dubai Aquarium & Underwater Zoo yang menuai kontroversi.