Getting Time...
OKEFOOD | Icip-icip

Nikmatnya Krengsengan Kambing

Johan Sompotan - Okezone
Jum'at, 23 Agustus 2013 05:17 wib
detail berita
Kresengan kambing (Foto:kitabmasakan)
BILA doyan daging kambing dan ingin merasakan kenikmatan berbeda, Anda bisa membuat krengsengan kambing. Makanan ini layak dicoba selain tongseng maupun gulai kambing.
 
Bila dilihat dari bentuknya, krengsengan kambing sekilas mirip rendang. Tapi, yang bikin beda adalah krengsengan lebih kental serta rasanya lebih pedas.
 
Untuk membuat kresengan kambing pun cukup mudah. Chef Ulung dari Hotel Intercontinental Jakarta MidPlaza membocorkan cara pembuatannya.
 
Terlebih dahulu Anda menyiapkan bumbu kuning. Bumbu kuning diolah dari bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, lada, dan garam yang dihaluskan bersama.
 
"Tumis bumbu kuning hingga harum, kemudian masukkan potongan daging kambing yang sudah dibersihkan. Lalu, masak hingga daging kambing berubah warna menjadi cokelat," katanya kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.
 
Selanjutnya adalah memasukkan kecap, lada, garam, serta sedikit air. Biarkan sampai air berkurang. Biar lebih sedap, beri sedikit gula sebagai penyedap alami.
 
"Biar rasanya lebih sedap, maka pada saat pemasakannya gunakan api kecil supaya semua bahan dan dagingnya termasak secara menyeluruh," timpalnya.
 
Menurutnya, krengsengan kambing hampir sama dengan tongseng. Hanya saja, di krengsengan kambing dominasi manis dan pedas yang mengental inilah menjadi senjata utamanya.
 
"Tongseng itu biasanya lebih berkuah dan pemakaian sayurannya lebih banyak, sementara krengsengan lebih mengutamakan pedas sama kekentalan dari kecapnya," tutupnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Kuliner Nusantara

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Cantiknya Nagita Slavina Berkebaya Pengantin Putih
Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sudah dekat. Pernikahan ini menjadi buah bibir di dunia hiburan Indonesia.

Travel

Komentar Bikini, Penguasa Militer di Thailand Minta Maaf

Penguasa militer di Thailand menunjukan etikad baik dengan meminta maaf paska komentarnya terlalu pedas bahwa berbikini berujung kematian.