Getting Time...
OKEFOOD | Warung Tenda

Lontong Jagung Kreasi Tik Tok Van Depok

Marieska Harya Virdhani - Okezone
Senin, 26 Agustus 2013 16:04 wib
detail berita
Lontong jagung ala Tik Tok Van Depok (Foto: Marieska/Okezone)
DEPOK - Gerakan kampanye Sehari Tanpa Nasi (One Day No Rice) oleh Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail telah diikuti pengusaha kuliner. Salah satunya restoran Tik Tok Van Depok, dengan bahan utama bebek.

Restoran Tik Tok Van Depok sempat menyajikan menu utama bebek bersama nasi jagung, yang dicetak bentuk belimbing. Kini, restoran yang berlokasi di Jalan Raya Margonda dan Jalan Kukusan, Depok, ini membuat kreasi baru berupa nasi jagung berbentuk lontong. Pembuatnya adalah pasangan suami-istri Santoso dan Sumiati.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail bersama Setda Propinsi Jawa Barat mencicipi lezatnya hidangan tersebut. Lontong ODNR, kata Nur Mahmudi, dari sisi nilai kalori, maka seratnya lebih tinggi dengan nilai kalori lebih rendah. Apalagi, nilai glikemik indeksnya juga rendah sehingga dampak terhadap kenaikan kadar gula darah setelah makan tidak akan drastis.

"Dengan begitu maka akan memiliki dampak yang kecil terhadap risiko diabetes. Catatan penting terhadap makan alternatif karbo ODNR, kualitas lauk pauk dan sayur mayur lebih tinggi atau ditinggikan kalau belum tinggi. Dan, karbohidrat seperti lontong ODNR ini harus dibuat tawar agar gampang dipadukan dengan lauk pauk apapun," ungkapnya di Jalan Kukusan, Beji, Depok, Senin (26/08/2013).

Nur Mahmudi menambahkan, gerakan ODNR selain bertujuan untuk diversifikasi pangan, harus tetap bertujuan meningkatkan kualitas gizi yang lainnya, seperti protein, vitamin, dan mineral.
Sementara, jika lontong ODNR dipadukan dengan daging merah, menurutnya, hal itu tergantung pada masalah kesehatan pribadi seseorang.

"Bagi mereka yang tak punya risiko kolesterol, pilih daging apapun tak apa-apa, paling bagus konsumsi daging tetapi jumlahnya jangan terlalu kebanyakan. Di kala orang sehat, sebanarnya tak ada larangan, apapun boleh. Daging merah sebenarnya sangat bermanfaat bagi kita, penyediaan hemoglobin, jadi jangan dijauhi. Hanya saja kalau yang punya kolesterol harus dibatasi," jelasnya.

Nur Mahmudi menilai, dari sisi bentuk dan sajian, lontong ODNR merupakan terobosan yang dilakukan Tik Tok Van Depok. Bagi orang yang terbiasa makan lontong, terobosan tersebut bisa dipakai pemenuhan sajian rujak cingur, gado-gado, hingga sate ayam atau sate kambing.

Kasubag Keamanan Pangan Biro Bina Produksi Setda Propinsi Jabar Andriani mengatakan bahwa restoran Tik Tok Van Depok terpilih untuk melakukan ekspos dan presentasi dalam peraihan penghargaan Adikarya Pangan Nusantara. Penghargaan berupa apreasiasi perorangan atau masyarakat dalam bidang ketahanan pangan, baik pembina, pelopor, atau pelaku.

"Wali Kota Depok adalah tingkat pembina yang sudah nasional dalam hal ketahanan pangan. Jumat pekan ini Tik Tok Van Depok akan ekspos di provinsi, yakni di Gedung Sate, sebagai pelopor inovasi baru dimana itik dengan entok dikawinkan. Akan ada 20 kabupaten kota di Jawa Barat yang mengajukan kepada kami," tutup Andriani (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Warung Tenda

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Moms, Jangan Sembarangan Beri Nama Anak
Begitu banyak hal yang perlu disiapkan oleh calon ibu dan ayah ketika menyambut kelahiran si kecil. Salah satu hal penting yang dipersiapkan adalah nama untuk sang buah hati.

Celebrity

Bahagianya Sophia Mueller Lihat Rambut Baru Ariel
Sophia Mueller atau yang dulu dikenal Sophia Latjuba mengaku senang dengan penampilan baru Ariel "NOAH". Pria yang lagi santer dikabarkan berpacaran dengan Sophia itu memang tampil beda dengan mengecat rambutnya menjadi perak.

Travel

Solo Travelling, Perempuan Lebih Aman ke Sini
Melakukan pelesiran sendirian keluar negeri, selain banyak mendapatkan manfaat terkadang membawa banyak pelajaran baru. Anda akan belajar mandiri, tabah, dan sabar dalam menghadapi segala kondisi.