Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

MUI Tidak Jamin Kehalalan Solaria

Fahmi Firdaus - Okezone
Rabu, 4 September 2013 18:10 wib
detail berita
(Foto: skyscrapercity)
MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) tidak menjamin kehalalan makanan di Restoran Solaria dan sejumlah nama restoran yang disebut dalam jejaring sosial. Hidangan yang disajikan restoran-restoran tersebut diduga mengandung zat-zat yang haram dikonsumsi umat Muslim, seperti ciu ataupun minyak babi.

"Terkait restoran yang ditulis dalam jejaring sosial, seperti Solaria, kita tidak jamin kehalalannya karena belum mengajukan sertifikat halal," kata Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim, di Gedung MUI, Jalan Proklamasi 51, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2013).

MUI mengimbau agar semua restoran segera membuat sertifikat halal. "Agar masyarakat tidak khawatir," imbuhnya.

Kendati demikian, MUI tidak dapat memaksakan restoran untuk membuat sertifikat halal. Tidak ada paksaan, juga karena Indonesia bukan negara Islam.

"MUI tidak bisa melakukan pemaksaan karena sifat sertifikasi halal itu suka rela. Dan, tidak ada perangkat hukum MUI untuk melakukan pemaksaan pemeriksaan tanpa mengajukan sertifkat halal. Indonesia juga bukan negara Islam," terangnya.

Terkait apakah hidangan di restoran tersebut mengandung unsur yang tidak halal, dia mengaku belum mengetahuinya. "Apakah mengandung babi, kami tidak mengetahuinya karena belum diperiksa dan tidak ada pintu masuk," pungkasnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Lupita Nyong'o, Selebriti Paling Cantik
Majalah People mendapuk Lupita Nyong'o sebagai bintang atau wanita paling cantik sedunia. Tampaknya 2014 menjadi tahun Lupita, sebelumnya dia juga mendapatkan Piala Oscar.

Celebrity

Ditanya soal Pernikahan, Raffi Ahmad: Terima Kasih
Raffi Ahmad dikabarkan akan melangsungkan pernikahan dengan Nagita Slavina (Gigi), Sabtu 26 April. Namun, Raffi enggan menanggapi kabar tersebut.

Travel

Apakah TMII Layak sebagai Situs UNESCO? Tunggu Desember Nanti!
2014 merupakan tenggat terakhir bagi UNESCO untuk memutuskan, apakah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sukses melewati proses verifikasi dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia Tak Benda. TMII sempat kedatangan perwakilan dari UNESCO, Seong Young Park untuk menyempurnakan data verifikasi tersebut.