Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

MUI Tidak Jamin Kehalalan Solaria

Fahmi Firdaus - Okezone
Rabu, 4 September 2013 18:10 wib
detail berita
(Foto: skyscrapercity)
MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) tidak menjamin kehalalan makanan di Restoran Solaria dan sejumlah nama restoran yang disebut dalam jejaring sosial. Hidangan yang disajikan restoran-restoran tersebut diduga mengandung zat-zat yang haram dikonsumsi umat Muslim, seperti ciu ataupun minyak babi.

"Terkait restoran yang ditulis dalam jejaring sosial, seperti Solaria, kita tidak jamin kehalalannya karena belum mengajukan sertifikat halal," kata Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim, di Gedung MUI, Jalan Proklamasi 51, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2013).

MUI mengimbau agar semua restoran segera membuat sertifikat halal. "Agar masyarakat tidak khawatir," imbuhnya.

Kendati demikian, MUI tidak dapat memaksakan restoran untuk membuat sertifikat halal. Tidak ada paksaan, juga karena Indonesia bukan negara Islam.

"MUI tidak bisa melakukan pemaksaan karena sifat sertifikasi halal itu suka rela. Dan, tidak ada perangkat hukum MUI untuk melakukan pemaksaan pemeriksaan tanpa mengajukan sertifkat halal. Indonesia juga bukan negara Islam," terangnya.

Terkait apakah hidangan di restoran tersebut mengandung unsur yang tidak halal, dia mengaku belum mengetahuinya. "Apakah mengandung babi, kami tidak mengetahuinya karena belum diperiksa dan tidak ada pintu masuk," pungkasnya. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Bersolek, Istri Ahok Cuma Butuh 15 Menit
Sebagian besar perempuan menghabiskan waktu berjam-jam di depan cermin dan menyulap wajahnya menjadi cantik. Bagi istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama, cukup membutuhkan waktu 15 menit untuk tampil cantik.

Celebrity

Minta Kepastian, Keluarga Vina Panduwinata Terbang ke Belanda
Adik Vina Panduwinata, Jani Panduwinata terbang ke Amsterdam, Belanda untuk memastikan kelanjutan dari meninggalnya dua putranya, Sakha Shaka Tamaputra Panduwinata (21) dan Miguel Gyasi Panduwinata (13) yang menjadi korban jatuhnya Malaysia Airlines MH17.

Travel

Virgin Atlantic di Area Sama saat Jatuhnya MH17
Bukan hanya MH17 saja yang ternyata melintas di wilayah udara Ukraina. Namun, beberapa maskapai lain dikabarkan melintas di daerah yang sama, seperti Virgin Atlantic.