Getting Time...
OKEFOOD | Tips Oke

Agar Air di Rumah Tidak Mengandung Parasit

Dewi Yanti - Okezone
Kamis, 19 September 2013 21:09 wib
detail berita
Merebus air (Foto:Wikihow)
PENYAKIT gangguan pencernaan bisa disebabkan karena air yang dikonsumsi masih mengandung bakteri atau parasit. Khususnya jika di wilayah Anda masih sulit menemukan air bersih atau masih memanfaatkan air tanah. Untuk itu, pemurnian air jelas cara terbaik jika Anda ingin berhemat.

Jika Anda bisa menggabungkan teknik mendidih dengan metode desinfeksi kimia, mendidih yang lebih menyeluruh, tetapi metode kimia akan terus menjaga air yang aman ketika itu disimpan. Metodenya berikut ini, seperti diulas Wikihow:

Mendidihkan
Proses ini akan membunuh sebagian besar jenis organisme penyebab penyakit dan merupakan teknik pemurnian paling direkomendasikan. Rebus air hingga benar-benar mendidih lalu biarkan dingin. Pastikan terbentuk gelembung-gelembung udara saat mendidih. Jika rasa air terasa garam, rebus lebih lama.

Disinfeksi
Melakukan disinfeksi dengan pemutih rumah tangga hanya membunuh beberapa bakteri. Pemutih yang digunakan harus mengandung klorin agar bisa efektif memurnikan air. Jangan gunakan pemutih beraroma atau pemutih dengan penambahan penjernih. Kebanyakan pemutih klorin rumah tangga memiliki 4-6 persen klorin. Jika Anda menggunakan yang seperti ini, cukup tambahkan 1/8 sdt ( sekira 8 tetes)  untuk satu galon air atau sekira 2 tetes per liter. Aduk dengan baik dan biarkan selama 30 menit sebelum air digunakan.

Periksa label, jika kandungan klorin sekitar 1 persen atau Anda tidak tahu persentasenya, gunakan 40 tetes per galon atau sekira 10 tetes per liter. Jika persentasenya 7-10 persen, gunakan 4 tetes per galon atau 1 tetes per liter. Dua kali lipat jumlah klorin jika air terlihat keruh atau berwarna. Setelah itu, tutup wadah dan diamkan air selama 30 menit. Jika air tidak berbau sedikit klorin, ulangi dosis dan diamkan selama 15 menit.

Disinfeksi dengan yodium
Yodium biasanya kurang efektif dibandingkan klorin untuk mengendalikan parasit Giardia, namun lebih baik daripada tidak sama sekali. Tambahkan 5 tetes dari yodium 2 persen untuk setiap setengah hingga liter satu air jernih, atau tambahkan 10 tetes jika air terlihat keruh. Diamkan larutan di dalam air selama minimal 30 menit.

Tablet komersial
Anda bisa menggunakan tablet klorin atau yodium yang dijual di pasaran khusus untuk memurnikan air. Ikuti petunjuk penggunaan, namun jika tidak ada instruksi maka gunakan satu tablet untuk setengah liter hingga satu liter air yang akan dimurnikan.

Disinfeksi air melaui tenaga surya
Tuang air ke dalam botol plastik bening. Biarkan terekspos sinar matahari langsung selama minimal 6 jam. Metode ini telah terbukti efektif sebagai desinfektan.

Tips:
- Air yang diambil dari kondensasi seperti dari tanaman atau tanah perlu dimurnikan. Biasanya masih mengandung parasit dan zat berbahaya lainnya di dalam air.
- Pemutih dan yodium bekerja lebih baik dalam air hangat.
- Semua metode di atas dirancang untuk menghilangkan ancaman biologis saja, seperti bakteri. Umumnya bukan untuk menghilangkan kandungan kimia seperti limbah industri, lumpur atau kontaminasi radioaktif. Jika air diduga tercemar limbah tersebut, sebaiknya jangan diminum.
- Filter komersial yang dipasaran dibuat hanya untuk menghapus mineral dasar sehingga rasanya lebih enak, tergantung pada kualitas dari filter tertentu. Filter di pasaran mungkin tidak menghilangkan parasit ataupun ancaman bakteri lainnya. Periksa label untuk memastikan sama dengan yang ingin Anda dapatkan.
- Orang dengan masalah tiroid harus memeriksa ke dokter sebelum menggunakan air yang diolah dengan yodium.
- Klorin dan yodium bisa menjadi racun sehingga jangan menggunakannya melebihi anjuran. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Air

Facebook Comment List

FAVORIT CELEB

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

David Nikah, Amin Desain Busana Personel Noah
Sebulan lagi, pemain sinetron Gracia Indri bakal mengikat janji tali perkawinan dengan keyboardist David “Noah”.

Travel

Dikuasai Asing, Hukum Pariwisata Indonesia Lemah
Indonesia memiliki kepulauan luas, tak dipungkiri kepulauan Indonesia dikuasai asing. Hal ini ditandakan hukum wisata Indonesia lemah.