Getting Time...
OKEFOOD | MakanYuk

12 Makanan & Minuman Bakal Jadi Tren 2014 (1)

Dewi Yanti - Okezone
Jum'at, 8 November 2013 17:21 wib
detail berita
2014, daging ayam enggak lagi diminati (Foto:foxnews)
SEMAKIN banyak bermunculan penyajian menu unik pada tahun ini turut menentukan bagaimana tren kuliner pada 2014. Lihatlah makanan tidak hanya disajikan di restoran mewah, melainkan hadir di toko retail, supermarket, atau bagaimana restoran mulai berpikir menyajikan menu yang diminati konsumen, tapi dengan harga terjangkau.

Berikut tren kuliner pada 2014 yang siap Anda cicipi, seperti diulas Foxnews:

Restoran di toko eceran
Makanan telah menjadi bagian dari gaya hidup. Bahkan, tren toko ritel sedang mengembangkan restoran dengan merek sendiri. Lihat saja 7Eleven, Lawson, dan Cirkle K yang begitu menjamur di Jakarta dengan menyajikan menu merek sendiri.

Penambahan menu layaknya menu restoran di toko ritel bertujuan untuk menahan pembeli berlama-lama untuk minum dan makan ataupun hanya sekedar nongkrong. Lebih banyak waktu yang dihabiskan di toko sama dengan lebih banyak pembelian yang akan dilakukan pembeli.

Pengembangan menu food tasting
Siapa bilang Anda tidak bisa mencicipi banyak hidangan dalam harga terjangkau? Selama beberapa tahun, hampir setiap restoran menyediakan makanan untuk dicicipi tamu, bukan hidangan pada daftar menu.

Jika Anda tertarik memakan semua menu food tasting, tentu harganya lumayan banyak per orang. Melihat kenyataan ini, tampaknya sekarang mulai ditawarkan paket menu food tasting sebagai menu la carte.

Ayam tidak lagi begitu diminati

Menu olahan dari unggas bukan hanya ayam yang disukai pada 2014. Orang-orang mulai mencoba olahan dari daging unggas lainnya meskipun lebih mahal, seperti foie gras dengan sous vide lemak dan rempah-rempah. Bersiaplah untuk tahun depan menjadi tahun burung.

Selamat tinggal food court, selamat datang food hall
Jika Anda pernah melihat di mal ada supermarket yang menyajikan lebih banyak makanan, mulai dari camilan hingga makanan berat, bahkan makanan mentah dan segar, maka itu disebut food hall. Food hall tampaknya akan menjadi tren pada 2014 yang bermunculan di mal atau real estate lainnya.

Barang-barang biasanya lokal atau produk restoran sehingga harganya sedikit lebih mahal, tapi tampilannya menjadi unik. Di Jakarta sendiri, Anda mungkin pernah singgah atau hanya sekedar lewat di depan food hall.

Ketenaran ikan asin
Ikan asin sempat tenar lalu tenggelam, kini ikan asin akan kembali tenar pada tahun depan, khususnya ikan teri. Di Spanyol, ikan yang dibumbui garam menjadi ikan asin disebut bocquerones, meskipun teksturnya tidak kering alias masih segar. Selain ikan teri, ikan sarden segar dan makarel juga semakin diminati.

Tren minuman bersoda & asam
Vermouth, soda, sour beer (bir asam hasil fermentasi secara tradisional), dan pressed juiced akan semakin diminati pada tahun depan. Jus tidak lagi hanya diminati oleh pelaku diet, tetapi oleh siapa saja karena rasanya yang segar dan alami.

Sementara untuk minuman soda, semakin banyak restoran yang menyajikan soda racikan sendiri. Untuk sour beer, Indonesia bahkan memiliki bir-bir tradisional di setiap daerah yang terbuat dari hasil fermentasi, misalnya tuak di Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan. (ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Makan Yuk

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Intip Cara Ariel Tampil Maksimal
Di setiap aksi panggungnya, para personel Noah selalu menghadirkan yang terbaik. Tak heran jika band yang digawangi oleh Ariel, Uki, Lukman, David dan Reza itu selalu dipuja banyak kalangan.

Travel

Tiga Negara Masih Idaman Wisatawan Indonesia
Masyarakat Indonesia dikenal hobi pelesiran ke luar negeri. Dari sekian banyak pilihan destinasi, hanya tiga negara yang masih menjadi tujuan idaman.